Indonesia Melalui PT. PAL Mulai Membuat Sendiri Kapal Selam Tempur

Setelah merasa mapan dalam industri pertahanan untuk matra darat, Indonesia pun merancang industri pertahanan bagi matra laut. Meski belum resmi diluncurkan, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengungkapkan, Indonesia akan membangun kapal selam sendiri. Terlebih setelah PT PAL Surabaya mengembangkan kapal perang jenis fregat kelas La Fayette.

”Kami sebenarnya cukup bisa membangun sendiri industri pertahanan untuk Angkatan Laut. Sekarang Indonesia sudah membangun kapal perang modern sejenis fregat kelas La Fayette seperti yang dimiliki Singapura dan akan selesai dalam waktu empat tahun oleh PT PAL,” ujar Purnomo di sela-sela seminar ”Pertahanan Nasional Indonesia dalam Perspektif Sosial-Budaya” di Gedung Widya Graha LIPI, Jakarta, Rabu (25/8).

Menurut Purnomo, keberhasilan membangun kapal perang modern membuat pemerintah cukup percaya diri memperkuat industri pertahanan untuk Angkatan Laut. ”Saya katakan bisa enggak dalam waktu dekat ini kita membangun kapal selam. Kita, kan, punya dok yang cukup untuk membangunnya di Surabaya,” ujarnya.

Industri pertahanan dalam negeri, lanjut Purnomo, sudah cukup membanggakan, terutama untuk matra darat. Keberhasilan PT Pindad membuat panser dan senapan serbu SS1 dan SS2 merupakan salah satu contoh. Panser buatan Pindad kini sudah diekspor ke negara-negara ASEAN.

Pengamat militer Salim Said mengungkapkan, Indonesia memiliki kemampuan untuk membangun industri Angkatan Laut sendiri. Menurut dia, sebenarnya sudah sejak dulu Indonesia dapat membuat kapal perang, termasuk kapal selam, sendiri.

Salim mengatakan, pembangunan industri pertahanan TNI Angkatan Laut sudah sangat mendesak. Beberapa insiden di perbatasan laut Indonesia-Malaysia harus menjadi pelajaran, betapa mendesaknya Indonesia memperkuat industri pertahanan bagi matra laut

About these ads

18 responses to “Indonesia Melalui PT. PAL Mulai Membuat Sendiri Kapal Selam Tempur

  1. saya setuju dengan meningkatkan kemampuan agkatan laut RI khususnya kapal selam, buatlah yang anti radar, anti torpedo, anti satelit, anti peluru, dan stealth tentunya.
    tingkatkan juga kemampuan serang dengan rudal-rudal yang memiliki hulu ledak tinggi yang bisa menghancurkan kapal sekelas USSNavy. lengkapi pula dengan satelit canggih yang memiliki pencitran siang dan malam yang selalu memantau pergerakan lawan dimanapun berada.
    tentunya dengan bentuk yang kecil kurang lebih 3 meter akan sulit terdeteksi oleh lawan.
    goo… maju terus angkatan laut kita semoga sukses selalu.

  2. Yakinlah kita bisa buat sendiri kapal selam, karena pd masa pendudukan Jepang dan perang kemerdekaan kita bisa buat sendiri kapal selam di Yogyakarta walaupun kecil & cuma buat uji coba saja. Untuk permulaan baiklah kita bikin yg kecil2 saja umpamanya dgn desain kate yg ada atau mencontoh bentuk U-boat tipe VII. Tapi yg pasti, kalo tdk dicoba kita tdk akan maju dan semakin tertinggal dibanding negara lainnya.

  3. Bangsa Indonesia, bangsa yang mampu…… dan hebat….

  4. go… indonesiaku!!!
    hajar malingsia 5-1…

  5. dari dulu saya bangga jadi orang indonesia

  6. Indonesia maaannnnccaaaaaap ……….

  7. .semakin kuat saja ni negaraku,
    .tpi kok masi ad yg ngganggu yak!!

  8. angkatan perang indonesia peringkat 14 di dunia, atau masuk peringkat 6 se asia. produksi peralatan perang tentu akan meningkatkan kekuatan angkatan perang kita. hidup indonesia….

  9. dari dulu bangsa indonesia mampu membikin apa saja tapi karena pemimpinya tidak memiliki visi dan misi menjadi bangsa yg disegani dan dihormati, akhirnya bangsa ini menjadi bangsa mainan bangsa lain sebagai bukti perlakuan sadis tkwnya tanpa memperlihatkan wajah merahnya, kenapa? karena cuma hebat dalam pidato dan ide2…….

  10. ayo maju INDONESIA..!!! tunjukkan kalo bangsA ini juga bsa menjadi MACAN ASIA kembali..!!!!!!!!!
    GO INDONESIA..!!!!!!

  11. bangga jadi anak indonesia

  12. i love indosesia… go go go kami para santri darus sholihin bangga menjadi anak indosesia tunjukan pada dunia bahwa indosia bukan negara yang biasa akn ttpi indosia adalah negara luar biasa

  13. Hebat indonesia.aku bangka jd orang indonesia..! Bsk klu dah jd mari kita bunuh ramai2 malon busuk.

  14. aq yakin indonesia bisa,,,,pokoke nyenggol ,,perang,,,,,,indonesia itu punya ahli ahli yg pintar,,,anak2 yg pintar,,,,,,dpr di hancurkan dulu sebelum perang,karena org2 di sana yg membuat negri ini hancur…

  15. Jadikanlah indonesia sebagai negara terkuat indonesia d dunia,..
    Agar tidak d remehkan negara lain.
    Ciptakanlah teknologi2 tercangih d dunia.
    Untuk ke majuan negara tercinta ini.

    “dara ku ini mengalir deras untuk indonesia ampe mati hya untuk indonesia”

  16. Saya sangat mendukung Indonesia menjadi negara yang mandiri di bidang pertahanan dan industri strategis lain. Karena hal tersebut menaikkan nilai tawar kita di mata internasional. untuk mewujudkan semua itu pemerintah harus mendukung ide2 dan SDM dalam negeri dan jangan sampai mereka justru digunakan negara lain …. saya juga memiliki banyak ide tentang senjata pertahanan sipil yg dapat dibuat sipil dalam rangka mempertahankan negara ini ….. jgn biarkan sumber2 kekayaan bangsa dikuasai asing. hal itu terjadi karena militer kita lemah shg bangsa ini terus diintervensi …. MAJU TERUS BANGSA INDONESIA ….

  17. Akan sia2 n sungguh memalukan bila qta capek2 bikin/ beli senjata mahal2 hanya untuk nglawan negara kecil pengecut sok jagoan macam malingsia-lan. Haha…Dibiarkan juga dia akan mati sendiri. Lebih bagus fokus dan tegaskan bhw negara besar ini akan menjadi 10 kekuatan militer dunia dgn persenjataan terkuat n terbaik di klas masing2 dlm waktu dekat. Tdk usah sok malu2/ sok alim/ sok baek2 saja, Sudah saatnya NKRI tampil sbg Gatutkaca cerdas. Negara berotot kawat balung wesi plus otak Enstein.

  18. gede yasa dari sumbawa

    saya bangga menjadi orang indonesia…….NKRI adalah bangsa yang besar, bangsa yang besar tidak takut menghadapi masalah termasuk masalah kemiskinan. mari saudara2 sebangsa dan setanah air kita buktikan kalau negara kita ini tidak seburuk apa yang oarng pikirkan diluar sana,dengan terus berkaya. malu donk sama leluhur kita, mereka sudah membuat zaman keemansan pada zamannya,bisa buat candi borobudur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s