Beda Pria dan Wanita


Pria dan perempuan cenderung memiliki perbedaan perhatian terhadap warna atau objek. Peneliti City University of New York, Amerika Serikat, membuktikan hal itu lewat pengamatan yang dipublikasikan lewat jurnal Biology of Sex Differences, pekan ini.

Pemimpin penelitian Israel Abramov menyatakan perempuan menaruh perhatian sangat kuat terhadap warna, sedangkan pria lebih memperhatikan objek bergerak atau detail yang kecil. Ia menyimpulkannya setelah melakukan uji penglihatan terhadap mahasiswa dan staf di dua kampus AS. Para partisipan itu berusia di atas 16 tahun. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, yang berkacamata dan yang tidak dan memiliki mata normal yaitu 20/20 dan tidak buta warna.

Dalam percobaannya Abramov menemukan pria cenderung sulit membedakan gradasi warna-warna dan lebih mudah mengenali perbedaan kontras warna daripada wanita. Hal itu disebabkan sel saraf pria dalam korteks visual otak 25% lebih banyak ketimbang perempuan. Abramov mengatakan sel-sel saraf itu dipandu korteks selama masa genesis embrio–pembentukan dan perkembangan embrio. “Kadar testosteron memainkan peran penting untuk menentukan perbedaan konektivitas penglihatan antara pria dan perempuan,” ujar Abramov.

Dalam indera penciuman ditemukan bahwa wanita lebih baik dalam mengenali dan mengkatagorikan bau-bauan daripada pria. Karena inilah wanita lebih sering mengganti sprei tempat ditidur atau memakai parfum karena indera penciuman mereka sangat sensitif.

Dalam percakapan pria lebih banyak memperhatikan mulut dan bibir lawan bicaranya dan mudah sekali terganggu pada gerakan-gerakan apa saja yang berada dibelakang lawan bicaranya (pohon bergerak, mobil melintas, lampu berkedip dll) sedangkan wanita lebih memperhatikan mata dan tubuh lawan bicaranya dan mudah terganggu terhadap orang yang berada disekitar mereka saat bicara.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s