Tsunami Di Aceh Merupakan Tsunami Terbesar Sepanjang Sejarah Samudra Hindia

Gelombang tsunami yang menyapu hingga 230 ribu nyawa manusia hampir empat tahun lalu adalah yang terbesar yang pernah dibangkitkan dari Samudra Hindia sepanjang 600 tahun. Kesimpulan ini didapat oleh dua studi geologi yang hasilnya dimuat dalam jurnal Nature edisi terbaru.

Panjangnya waktu itu pula yang membuat tsunami dahsyat di pengujung 2004 ini masuk akal. Sepanjang 600 tahun tekanan geologis menghimpun energi di dasar samudra, untuk kemudian “meletus” hingga mampu mengoyak lautan dan membangkitkan gelombang sangat tinggi yang mematikan ke daratan.

Studi dilakukan oleh dua tim peneliti di Thailand dan Sumatera (Utara) yang sama-sama menggali sumur dan mengambil sampel dari dalamnya. Dari sana mereka mengaku bisa melihat bukti tsunami terakhir yang sebanding dengan yang terjadi pada 26 Desember 2004 itu, yang menerjang antara tahun 1300 dan 1400. Sampel yang dianalisis berupa endapan pasir dasar laut yang berdasarkan usianya (lewat teknik pengukuran karbon) diduga ditinggalkan oleh gelombang laut saat itu.

Tim peneliti itu, dalam jurnal Nature, mengatakan bahwa tsunami 2004 menelan korban di 14 negara. Di Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera bagian utara, gelombang yang datang setinggi lebih dari 30 meter. Adapun di Thailand, endapan pasir yang ditinggalkannya sejauh 2 kilometer dengan ketebalan 5-20 cm

About these ads

24 responses to “Tsunami Di Aceh Merupakan Tsunami Terbesar Sepanjang Sejarah Samudra Hindia

  1. saya turut berduka cita pada korban bencana aceh semoga di berkati oleh tuhan saya bersimpati kepada orang yang terkena bencana aceh mudah mudahan diberkati oleh tuhan

  2. semoga yang ditinggalkan diberi ketabahan

  3. serem banget sih bisa kaya gitu

  4. ya Allah smg bencana itu tdk sampai ke jawa timur. tp skrg para ulama merasakan akan ada bencana besar di jawa timur.

  5. semua yg terjadi adalah kehendak-Mu TUHAN,,,kami hanya bisa tabah atas coba’an ini,,,ini semau kesalahan kami,,jangan hukum kami lebih berat lagi,,,,ampuni segala kesalahan kami,,,!

  6. itulah karma daerah bejat, subhanallah

    • kamaruddin Abdullah

      boy lo jagan asal ngomong ya ? mikir dulu baru ngomong boy ? Aceh itu daerah dimana islam pertama kali ada, bencana di turunkan Allah karena Allah mau menguji Warga aceh karena warga aceh semua sholeh. jadi sesama negara jangan menghina . oke boy

  7. Mohon ampuni kami umatMu yang selalu bersmbong diri ini ya Allah.

  8. woii, aceh tu bkan daerah bejat, aceh tu daerah islami. cuma pada waktu itu banyak sekali koruptor yg tidak dihukum potong tangan diaceh. mka a trjdi tsunami. mudah-mudahan dg berlakunya hukum islam diaceh, koruptor dpt segera dihukum potong tangan spy bencana ini tdk terjadi lagi..aminnn

  9. bersabr lah itu cuma cobaan dari alloh swt

  10. indonesia banyak bencana karena sudah tidak memiliki kebijaksanaan (wisdom ) lagi . hal ini sudah diramalkan nenek moyang kita 500 tahun lalu
    hal ini adalah tanda tandanya akan muncul satrio piningit heru cokro ratu adil selamat datang sang ratu adil

  11. saya pun ikut berduka cita atas apa yang menimpa indonesia pda saat ini,sesungguhnya ini semua mudah2-an hanya cobaan dari tuhan alloh swt.bukan siksaan karena kita yang selalu melalaikan perintahnya.

  12. yang tabah yah pasti akan ada jalan keluarnya.

  13. memang bnr tu tsunami ebat bgt gw ingat gw nonton doraemon jam 08.28 tiba2 saya lihat paret di rumah saya smua aernya goyang2 takut bgt saya

  14. Ingat para pemimpin yang Bohong dan korup. Anda nanti akan diazab di Neraka Jahanam. Jadikanlah Tsunami besar di Aceh untuk refleksi diri menuju Indonesia yang bersih.

  15. Emang hadsyat gan tsunami di aceh 2004,,
    sampe 2 x gitu tsunaminya.

    Slm kenal.

  16. MgA pA yAnG di BrIkAn TuhAn UnTuk KtA
    Itu bSA JdI SuAtU PeNdOrOnG UnTuK kta AgR MeNjDi MnuSiA taNg KbIh BaEk lG

    aMiNd

  17. untung gw dijakarta.. kl gw di sono udah jadi putri duyung gw….

  18. amin mudahan jangan terjadi lgi di aceh
    anpuni kami ya allah anpui segala semua
    dosa kami
    amin

  19. @sujono. massih percaya begituan???

  20. sangat dahsyat sampai kapal besar pun bisa terbawa

  21. adooooohhh
    santailah brow
    jangan maki2 aceh
    yang disni aceh juga
    \gak tau ko perjuangan aceh lebih bersar untuk memerdekakan INDONESIA

  22. SABAR ya…Tuhan menyayangi kaluan smwa…….belive it,,,:-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s