Ikan Jantan Aneh Yang Bertelur Ditemukan Di Australia


Profesor Tim Berra dari University of Ohio selama ini giat meneliti ikan-ikan “aneh” di wilayah Australia Utara. Sejak 2001 silam, dia menghabiskan banyak waktunya berburu ikan yang disebut nurseryfish (Kurtus gulliveri) yang terdapat di Sungai Adelaide River di Northern Territory.

Profesor emeritus di bidang evolusi ekologi dan biologi ini menjelajah kawasan Top End di Australia Utara untuk meneliti ikan nurseryfish ini. “Ini merupakan ikan asli yang sangat aneh, jantannya yang membawa telur, yang disimpan di kait yang ada di kepalanya,” kata Prof Berra.

“Tak ada ikan lain di dunia yang seperti ini, hanya hidup di utara Australia dan selatan New Guinea,” katanya. Prof Berra menyebut ikan ini sebagai salah satu jenis paling aneh yang pernah dia lihat. “Saya diundang ke seluruh Amerika Serikat dan dunia untuk memberi kuliah mengenai nurseryfish dan semua orang tercengang dengan keanehan ikan ini dalam banyak hal,” katanya.

“Anatominya aneh, perilakunya aneh, dan kami tak pernah bisa mengakhiri proyek (penelitian) ini sebab semakin kami pelajari, semakin banyak yang kami tahu, semakin banyak (pertanyaan) yang harus diajukan,” ujarnya. Penelitian di Top End terpenting dalam kariernya

Profesor Berra mengatakan, penelitian mengenai nurseryfish di Sungai Adelaide River bukannya tanpa tantangan, tetapi mengakui bahwa hal itu merupakan yang terpenting dalam 45 tahun kariernya sebagai pakar perikanan. “Ada beberapa masalah, seperti adanya buaya air asin besar yang berenang di sungai. Begitu pula arus yang bedanya antara arus kuat dan rendah bisa delapan meter,” katanya.

“Itulah sebabnya ikan ini belum diteliti. Makalah terakhir sebelum saya menelitinya berasal dari tahun 1913. Sejak 2001, kami mulai memublikasikan mengenai ikan ini setelah semakin banyak yang diketahui,” kata Prof Berra. “(Selama) 15 tahun hidup saya, saya fokuskan pada ikan nurseryfish di Darwin. Saya suka dengan petualangan ini,” katanya.

Memancing tanpa air. Ikan nurseryfish mungkin yang paling aneh yang ditemui Profesor Berra. Namun, dia mengakui pengalaman memancing paling aneh yang dilakukannya melibatkan ikan salamander, sekop, dan mobil pemadam. “Ikan salamander di Australia Barat juga aneh dalam arti bahwa mereka hidup di kolam yang kering selama musim panas,” katanya.

“(Saya ingin tahu) di mana ikan-ikan itu ketika tidak ada air? Saya bawa mobil pemadam ke lapangan dan menyirami kolam kering dengan air sebanyak 2.700 liter,” ujarnya.

“Tiba-tiba ada ikan, cukup beri air, kemudian gali dengan sekop,” katanya. “Memancing dengan sekop dan mobil pemadam, sepertinya bukan cara memancing biasa.”

Profesor Berra mengatakan, jika tidak berada di perahunya berburu nurseryfish, dia biasanya turun ke lapangan meneliti kembali kehidupan ilmuwan besar Charles Darwin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s