Daftar Mobil Yang Paling Sedikit Bermasalah Atau Bandel Di Indonesia


JD Power telah mengukur kualitas mobil-mobil baru di Indonesia yang mengalami peningkatan melalui Indonesia Initial Quality StudySM 2015 (IQS). Rata-rata masalahnya turun dari tahun ke tahun. Bahkan, kualitasnya naik 5 persen jika dibandingkan tahun lalu. Lantas, mobil apa yang paling jarang dikeluhkan pada masa awal kepemilikan konsumen?

JD Power membuat klasifikasi menjadi beberapa segmen. Toyota menerima dua model penghargaan, yakni untuk Agya, kendaraan segmen entry compact, dengan angka 59 masalah per 100 kendaraan (59 PP100) dan Rush pada segmen entry SUV dengan angka 53 PP100. Mitsubishi Pajero Sport (37 PP100) mendapatkan peringkat tertinggi pada segmen SUV, sedangkan Honda Mobilio (80 PP100) mendapatkan peringkat tertinggi pada segmen entry MPV. Sementara itu, Nissan Grand Livina (53 PP100) mendapatkan peringkat tertinggi pada segmen MPV.

Indonesia Initial Quality Study (IQS) 2015 didasarkan pada evaluasi dari 2.902 pemilik kendaraan yang baru membeli kendaraan mereka antara September 2014 dan Agustus 2015. Studi ini meliputi 11 merek kendaraan berbeda, termasuk 41 model kendaraan penumpang dan utilitas yang berbeda. Studi dilaksanakan antara Mei dan November 2015.

Temuan penting
Dari penelitian itu, ada beberapa temuan penting JD Power, antara lain:
1. Pemilik kendaraan SUV melaporkan jumlah masalah yang paling sedikit (42 PP100), sedangkan pemilik entry MPV melaporkan jumlah masalah tertinggi (87 PP100).

2. Dua masalah yang paling sering dilaporkan ada pada kategori interior kendaraan, yakni karpet sering tergeser dari tempatnya (3,5 PP100) dan karpet renggang atau tidak pas (2,8 PP100).

3. Tujuh dari 10 masalah yang sering dilaporkan pada 2015 masih sama dari tahun 2014. Empat dari masalah ini berhubungan dengan pengalaman berkendara, dan tiga lainnya berhubungan dengan ventilasi dan pendingin udara.

4. Hampir dua pertiga (65 persen) dari pemilik kendaraan yang senang dengan kualitas kendaraan mereka (memberikan rating 8 hingga 10 pada skala poin 10) mengatakan, mereka ”pasti akan” merekomendasikan kendaraan mereka kepada teman dan keluarga. Sementara itu, hanya 36 persen dari mereka yang kecewa (rating dari 1 hingga 7) mengatakan hal yang sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s