Permukaan Pluto Kompleks Seperti Bumi Membuat Para Ahli Bingung


Permukaan Pluto begitu kompleks sehingga para ilmuwan tidak yakin bagaimana hal itu terjadi. Mereka mengatakan hal itu setelah gambar dari New Horizons menunjukkan lanskap yang sangat kompleks. Gambar-gambar itu menunjukkan bahwa planet kerdil itu kemungkinan memiliki ladang-ladang bukit pasir yang luas, arus es nitrogen massif, dan lembah yang terbentuk saat berbagai material mengalir di permukaannya.

Kompleksitas itu mengejutkan para ilmuwan. Mereka menilai lanskap itu tidak seharusnya ada, karena atmosfer Pluto sangat tipis. “Pluto menunjukkan keragaman bentang alam dan kompleksitas proses yang menyaingi apa yang telah kita lihat di tata surya,” kata penyelidik New Horizons Alan Stern dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip Independent, Jumat, 11 September 2015.

“Jika seorang seniman menggambar Pluto ini sebelum terbang lintas New Horizons, saya mungkin akan menyebutnya berlebihan – tapi ini adalah yang sebenarnya ada.” Sekarang para ilmuwan mencoba untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan kompleksitas menakjubkan dari fitur Pluto itu. “Melihat bukit pasir di Pluto akan benar-benar liar, karena atmosfer Pluto saat ini sangat tipis,” ujar William B. McKinnon, bagian dari tim Geologi, Geofisika dan Pencitraan New Horizons dalam sebuah pernyataan.

“Entah Pluto memiliki atmosfer yang lebih tebal di masa lalu, atau beberapa proses yang kita belum tahu sedang bekerja. Ini adalah teka-teki. ” Para ilmuwan juga terkejut mendapati kabut di atmosfer Pluto memiliki lebih banyak lapisan dari yang mereka tahu. Lapisan itu menciptakan semacam efek senja, yang berarti bahwa ia menyala saat matahari terbenam dan memberi semacam visibilitas yang tidak pernah diperkirakan.

Akhir pekan lalu, New Horizons mulai mengirimkan gambar ke bumi setelah terbang lintas pada bulan Juli. Proses ini akan memakan waktu satu tahun untuk semua gambar. Gambar-gambar baru telah memungkinkan tim New Horizons untuk melihat Pluto dengan lebih detail dari sebelumnya, dengan resolusi setinggi 400 meter per pixel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s