Virus Langka Berbahaya Berusia 30.000 Tahun Berhasil Dihidupkan Kembali


Tidak hanya fosil dinosaurus atau harta karun, virus pun ternyata juga bisa menjadi penemuan langka. Para peneliti Perancis menemukan sebuah virus yang berusia 30 ribu tahun di sebuah lapisan terdalam permafrost (tanah yang berada di titik beku) di Siberia.

Dalam sebuah penelitian baru yang dirilis dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, para peneliti mengategorikan virus itu sebagai “virus raksasa” dan diberi nama Mollivirus sibericum. Virus itu adalah yang terbesar keempat di antara virus yang telah ditemukan dan dianalisis sejak tahun 2003. Sebuah virus dapat dikatakan sebagai virus raksasa jika memiliki panjang 0.00002 inci.

Para peneliti menambahkan, penemuan ini bisa menjadi perhatian dalam menghadapi perubahan iklim dan pencairan es yang menjadi masalah di dunia saat ini. “Beberapa partikel virus yang masih menular saja sudah cukup untuk menghidupkan kembali virus berpotensi patogen,” kata salah seorang pemimpin studi, Jean-Michel Claverie, seperti dilansir dari laman TIME.

Ke depannya, para peneliti berencana untuk “membangunkan” kembali virus di dalam laboratorium yang aman. Jika ingin diteliti, virus itu harus diletakkan pada satu amuba yang nantinya dapat diperhatikan gerak-geriknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s