Rahasia Kecantikan Rambut Hitam Suku Dayak Indonesia


Umumnya, orang Indonesia terlahir dengan rambut warna hitam yang alamiah. Namun, seiring usia, terjadilah proses penuaan yang mengakibatkan tumbuh uban dan rambut pun menipis.

Alhasil, tak sedikit wanita berusia matang di Tanah Air melakukan segala cara untuk menghambat proses penuaan terutama pada rambut. Mereka memilih berbagai cara, mulai dari langkah natural hingga teknik berteknologi tinggi.

Hal tersebut di atas, bisa jadi bukan masalah bagi wanita Dayak. Pasalnya, para wanita suku yang bermukim di pedalaman Kalimantan tersebut, meski sudah berusia lanjut, rambut mereka tetap hitam legam dan tebal.

Pekan lalu, di sela-sela gebyar pembukaan perhelatan Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Kalimantan Barat, berkesempatan bertemu langsung dengan salah seorang wanita suku dayak bernama Lilis. Lilis yang merupakan istri dari penggiat seni kebudayaan suku Dayak di Kalimantan Barat, Yohanes Palaunsoeka, membeberkan rahasia unik rambut hitam dan tebal para wanita suku Dayak.

Sebelum sesi wawancara di mulai, Yohannes yang akrab disapa Anes, meminta kami untuk menebak usia Lilis.

Jika dilihat dari penampilan fisik Lilis yang terlihat bugar, cantik, kulit pun masih relatif muda, dan rambut tanpa uban, maka angka 40 tahun pun tercetus sebagai jawaban.

Anes pun tertawa mendengar jawaban tersebut, karena ternyata istrinya itu sudah berusia 50 tahun lebih. “Wanita Dayak itu sangat alami,” ujar Anes.

Lilis pun membenarkan pernyataan sang suami, dengan mengungkapkan rahasia rambut hitam legamnya. “Saya sering pakai buah langir untuk keramas. Jika digosok akan keluar busa,” terang Lilis. Kemudian, rahasia lainnya yang tak kalah unik adalah mereka rajin merawat rambut dengan bunga kembang sepatu. “Kembang sepatu ditumbuk kemudian dioleskan ke rambut,” Perawatan herbal dan alamiah itu, kata Lilis, membuat rambut kuat dan hitam lebih lama.

Selanjutnya, Lilis bercerita pernah mencoba mewarnai rambut. Namun, cat rambut itu justru luntur dan rambutnya tetap bertahan hitam pekat. Apabila Anda tertarik merawat rambut indah dan hitam, maka tak ada salahnya mencoba perawatan buah langir dan bunga kembang sepatu khas wanita Dayak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s