Khasiat Kunyit Melampaui Obat-obat Modern


Kunyit memiliki rasa yang pedas, hangat, sekaligus pahit. Aromanya ringan, mengingatkan pada jeruk dan jahe. Bumbu ini juga digunakan untuk membuat kari, dan memberikan warna cerah pada sejumlah makanan. Telah lama kunyit digunakan sebagai obat anti-inflamasi oleh sistem pengobatan Tiongkok dan India. Warna kuning oranye yang pekat digunakan sepanjang peradaban sebagai bumbu, obat yang menyembuhkan, dan pewarna tekstil.

Beberapa bumbu obat tradisional didukung oleh penelitian ilmiah modern. Kunyit adalah rempah-rempah yang mengumpulkan seluruh khasiat obat berbasis medis dengan sedikit efek samping dibandingkan obat farmasi yang dipatenkan. Terkandung sejuta manfaat di dalam kunyit. Bumbu yang sangat unik ini memiliki tingkat keselamatan obat yang sangat tinggi dibandingkan hidrokortison, atau obat-obat kemoterapi. Selain itu, tidak ada yang menyamai rekam jejak kunyit dalam hal keamanan pengobatan jika kita melacak 6000 tahun ke belakang.

Dikutip dari laman whfoods, minyak yang terkandung pada kunyit menunjukkan aktivitas anti-inflamasi yang signifikan. Kunyit memiliki pigmen kuning atau oranye yang disebut kurkumin. Kurkumin dianggap sebagai agen farmakologis utama dalam kunyit.

Dalam banyak penelitian, efek anti-inflamasi kurkumin sebanding keampuhannya dengan hidrokortison (senyawa antiradang) dan fenilbutazon (obat anti-inflamasi).
Melalui studi klinis terbukti bahwa kurkumin juga memiliki efek antioksidan yang sangat kuat. Sebagai antioksidan, kurkumin mampu menetralisir radikal bebas, yaitu bahan kimia penyebab sejumlah kerusakan sel-sel sehat dan membran sel.

Penyakit radang sendi adalah salah satu akibat dari radikat bebas. Kombinasi kunyit terhadap efek antioksidan dan anti-inflamasi menjelaskan mengapa banyak orang dengan penyakit sendi merasa lega setelah menggunakan rempah-rempah ini secara teratur.

Antioksidan pada zat kurkumin kunyit melindungi sel-sel usus besar dari radikal bebas yang merusak DNA. Kurkumin juga membantu tubuh menghancurkan sel-sel kanker bermutasi agar tidak menyebar ke seluruh tubuh. Kunyit memiliki khasiat besar untuk menyembuhkan. Namun dikarenakan kurangnya eksklusivitas, kemampuan paten dan keuntungan yang dihasilkan, tanaman dari kelompok jahe-jahean ini tampaknya sulit menerima cap persetujuan dari Food and Drug Administration.

Diperlukan uji klinis bertahap, tak terkecuali investor yang bersedia mengambil risiko kehilangan US$ 800 juta atau sekitar Rp 9,7 triliun yang harus dikeluarkan. Beberapa khasiat menakjubkan dari kunyit di antaranya adalah melindungi kerusakan paparan radiasi, mencegah Alzheimer, menghancurkan kanker, melindungi dari keracunan logam berat, menghancurkan sel punca kanker yang merupakan akar dari semua kanker, dan mengurangi tingkat peradangan.

Yang menakjubkan dari kunyit adalah kemampuannya memperbaiki kondisi yang benar-benar resisten terhadap pengobatan konvensional. Ada lebih dari enam ratus kondisi kesehatan tambahan yang dapat dicegah atau diobati dengan kunyit. Dan faktanya kunyit tumbuh bebas hampir di setiap daratan bumi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s