Cara Menyimpan Makanan Dengan Benar Agar Tahan Lama


Untuk mempertahankan kesegaran​,​ bahan ma​kanan umumnya disimpan​​ dalam kulkas. Padahal, tidak semua bahan makanan ​cocok​ disimpan dalam suhu yang lebih dingin. Beberapa makanan seperti kopi ​dan​ tomat dapat bertahan lama dan justru lebih enak jika disimpan dalam suhu ruang. Jika punya stok makanan, sebaiknya cermati dulu cara penyimpanannya agar tak membuat rasa ataupun tekstur makanan​ ​berubah. Berikut ini beberapa bahan makanan yang tidak perlu disimpan dalam lemari es.

1. Pisang
Rasa yang enak dan tekstur yang lembut pada pisang dilindungi oleh kulit yang tebal. Sehingga saat Anda menyimpannya dalam lemari es, namun tidak semua orang menyukai tampilan pisang dengan kulit yang berwarna cokelat. Agar kulit pisang tetap berwarna kuning cerah, ​taruh​ di atas meja dengan suhu ruang yang agak sejuk.

2. Kopi
Dengan alasan membuat kopi dapat bertahan lebih lama, banyak orang yang menyimpan kopi di lemari es. Sayangnya, praktik ini tidak dapat mempertahankan aroma dan rasa dari kopi yang sudah dihaluskan. Agar rasanya semakin nikmat dan tetap enak, s​​i​mpan biji kopi ditempat yang sejuk dan gelap serta jauh dari makanan yang memiliki aroma yang kuat seperti durian ataupun daging.

3. Minyak
Minyak mengandung lemak jenuh yang tidak memerlukan pendingin. Bahkan, minyak yang didinginkan akan menyebabkan minyak memiliki tekstur yang padat. Jika Anda membuat sambal dengan minyak, ​t​aruh bawang putih ​cincang ​dalam minyak sebelum mencampurkannya pada sambal.

4. Bawang
Bawang bombay atau merah dapat disimpan dalam suhu kamar. Suhu yang dingin dari kulkas menyebabkan bawang untuk menyerap kelembaban, dan tekstur​nya jadi l​embek dan tampilannya tidak menarik. Jika ingin menyimpan bawang, sebaiknya potong sesuai ​kebutuhan ​dan masukkan ke dalam kantong plastik tertutup agar tetap segar dan mudah digunakan.

5. Selai kacang
Agar teksturnya lebih lembut dan mudah dioles, jangan menyimpan selai kacang di lemari es. Kecuali jika Anda lebih suka tekstur selai yang lebih keras. Hal ini disebabkan karena lemak dari minyak kacang mengeras saat didinginkan.

6. Kentang
Suhu yang dingin menyebabkan pati dalam kentang untuk memecah menjadi gula dan dapat meninggalkan rasa manis dan teksturnya sedikit berpasir. Agar lebih awet, simpanlah kentang di tempat yang gelap.

7. Tomat
Menyimpan buah-buahan berkulit tipis seperti tomat juga dapat memperkaya rasa. Akan tetapi jika suhu di rumah Anda terlalu panas, ​bungkus tomat dengan kertas lalu masukkan​ ke dalam lemari es.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s