Penyebab Sakit Kepala dan Pusing Saat Bangun Pagi


Bangun di pagi hari seharusnya membuat tubuh lebih segar dan bertenaga. Namun, pada beberapa orang, datangnya serangan sakit kepala di pagi hari bisa merusak suasana hati dan produktivitas sepanjang hari.Ada alasan tertentu di balik serangan sakit kepala di pagi hari. Sebagian besar disebabkan oleh gangguan tidur.

Gangguan tidur dan sakit kepala memang berkaitan erat. Jika Anda tidak bisa tidur dengan baik di malam hari, sakit kepala bisa menyerang begitu Anda bangun tidur. Juga, mereka yang mengalami sakit kepala di malam hari seringkali tidak bisa mendapatkan tidur nyenyak.Karena itu, sakit kepala di pagi hari bisa diartikan sebagai sinyal bahwa tubuh Anda tidak mendapatkan tidur yang berkualitas di malam harinya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut berbagai penyebab serangan sakit kepala di pagi hari:
1. Tidur berlebihan
Selain kurang tidur, tidur berlebihan juga bisa membahayakan tubuh. Salahnya satunya menyebabkan sakit kepala saat bangun di pagi hari.

2. Insomnia
Selain menyebabkan kecemasan dan depresi, insomnia atau kesulitan tidur di malam hari juga bisa memicu sakit kepala di pagi hari.

3. Bahan kimia
Nikotin, alkohol, dan kafein merupakan musuh besar untuk pola tidur. Hindari mengonsumsi bahan kimia ini jika Anda kerap mengalami sakit kepala di pagi hari.

4. Jadwal tidur berantakan
Sangat penting untuk mengatur jadwal tidur yang sama setiap malam. Jadwal tidur yang berantakan bisa merusak jam biologis dan pola tidur, salah satunya menyebabkan sakit kepala.

5. Kerja shift malam
Orang-orang yang melek sepanjang malam harus berusaha keras untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Kebanyakan dari mereka mengalami serangan sakit kepala saat bangun tidur.

6. Mendengkur
Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kebiasaannya mendengkur menjadi alasan di balik serangan sakit kepala di pagi hari. Ini merupakan gangguan utama yang harus diatasi untuk mencegah datangnya sakit kepala setelah bangun tidur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s