Yang Dilakukan Wanita Saat Mandi Tapi Tidak Pernah Diceritakan


Mandi bukan lagi hanya soal keinginan dan kebiasaan seseorang. Namun tanpa disadari, mandi kini juga sudah jadi sebuah kebutuhan seseorang, khususnya perempuan.

Mandi bisa membuat tubuh seseorang jadi bersih dan sehat. Agar manfaat mandi ini makin optimal untuk kesehatan, ada tiga hal penting yang harus dilakukan perempuan. Ketiga hal ini seringkali dilupakan perempuan sehingga masalah ini berujung pada hal yang serius.

1. Melepas lensa kontak
Lensa kontak dan air memang tidak pernah bersatu. Ketika lensa kontak dan air menyatu, kontaminan yang ditemukan dalam air bisa masuk ke lensa, akibatnya akan menyebabkan infeksi mata berat.Salah satu kontaminan yang ada adalah Acanthamoeba. Ini adalah amuba umum yang biasa ditemukan dalam air-air di wilayah perkotaan. Amuba tersebut akan menyebabkan infeksi mata yang parah.Sekitar 85 persen dari kasus nasional di Amerika tentang infeksi mata hampir semuanya terjadi pada pemakai lensa kontak.

“Meskipun jarang, infeksi tidak berjalan dengan cepat untuk bisa menyebabkan penyakit mata. Untuk kasus serius, hal ini bisa menyebabkan seseorang memerlukan transplantasi kornea,” kata dokter mata, Edward Bennett kepada Huffington Post.Setiap kali mandi usahakan untuk selalu melepaskan lensa kontak Anda.

2. Tinggalkan semua masalah di depan pintu
Mandi bisa jadi sarana untuk menenangkan diri. Jika Anda adalah orang yang punya banyak masalah dan memikirkannya di kamar mandi, Anda bukan orang satu-satunya di dunia ini.Studi yang dilakukan di University of California, Santa Barbara tahun 2012 lalu, peserta yang melakukan kegiatan ringan dan santai akan membuat mereka lebih kreatif dalam mengatasi masalah.

Santai di rumah dan mandi tenang adalah kesempatan besar untuk membiarkan pikiran Anda bekerja secara otomatis. Nikmati proses mandi Anda, bersihkan tubuh dengan cermat dan juga gunakan sabun yang wangi. Jika masalah sedang sangat berat, jangan lupa sekalian keramas dan bersihkan setiap sela tubuh Anda. Tubuh bersih dan harum akan membantu Anda berpikir jernih.

Jangan sekali-sekali bawa masalah Anda ke dalam kamar mandi. Lupakan sejenak semua masalah. Mandi sambil membawa setumpuk masalah di kepala akan semakin membebani hidup Anda. Mandi tak tenang dan tak bersih, masalah pun tak kunjung usai.

3. Menyikat atau menyisir rambut
Sisirlah rambut Anda sebelum mandi. Anda mungkin sudah tahu kalau menyisir rambut saat basah akan membuat rambut mudah rontok. Namun kenyataannya, rambut bukan hanya akan jadi lebih lemah dan rentan rusak saat basah namun perlakukan Anda akan jadi lebih kusut.

“Air membuat rambut punya kemampuan untuk meregang lebih banyak. Namun Anda tak akan melihat ketegangannya,” kata Bill Schrlau, stylist di Amerika. Agar tak kusut, ia menyarankan untuk mulai menyikat dari bawah ke atas dan menggunakan sisir bergigi jarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s