Kabut Misterius Selimuti Kota Kudus


Sejak pagi kabut tebal menyelimuti kawasan Kota Kudus dan sekitarnya. Masyarakat Kudus kaget dengan fenomena ini. Kejadian ini tak biasa, mengingat Kudus terletak di kawasan pantai utara yang cukup terik. Bahkan, beberapa orang berpikir kabut ini berasal dari abu gunung berapi yang meletus.

“Kabut apa ini? Ada gunung meletus, ya?” tanya Ulin, warga Kota Kudus, di status BlackBerry Messenger-nya, Sabtu, 18 April 2015.

Fenomena kabut tebal ini juga terjadi di sejumlah tempat di Kabupaten Jepara beberapa waktu lalu. Beberapa orang yang melihat fenomena ini berpikir bahwa ini merupakan kejadian gaib di wilayah pegunungan Muria.

Menurut forecaster Stasiun Metereologi Kelas II Semarang Agus Triono, ini sebenarnya merupakan fenomena alam yang biasa terjadi, terutama di daerah yang sering mengalami suhu panas yang tinggi.

Menurut dia, ini terjadi jika satu wilayah pada siang hari suhu terasa panas, lalu malam hari terjadi penurunan suhu udara yang drastis. Maka, kata dia, kemungkinan besar esok harinya akan berkabut. Ini disebabkan karena uap air di udara terkondensasi, sehingga masa air menjadi lebih berat dan mengambang di atas permukaan tanah.

“Kabut turun tidak hanya terjadi di daerah pegunungan saja. Daerah pesisir pun bisa jika kelembaban udaranya tinggi mendekati 100 persen,” kata Agus saat dihubungi Tempo.

Hal ini biasanya terjadi antara pukul 04.00 pagi hingga 08.00 pagi. Kabut akan berangsur-angsur menghilang jika ada sinar matahari yang muncul. Jika waktu terjadinya kabut seperti tercium bau yang khas, kata Agus, itu merupakan bau yang berasal dari kabut dari uap air tersebut.

“Itu bukan bau belerang. Bau itu berasal dari uap air yang terkondensasi. Ini sama seperti kita naik gunung, pasti akan mencium bau yang khas. Itu berasal dari uap air itu sendiri,” ujar Agus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s