Cara Memanfaatkan Minyak Babi Untuk Bahan Bakar Motor


Minyak bekas menggoreng babi biasanya disisihkan di satu wadah dan kerap berakhir di tempat sampah. Ternyata, sisa minyak olahan itu bisa dijadikan sumber bahan bakar minyak alternatif, ethanol.

Hormel’s Black Label Bacon, perusahaan pengolah daging, melihat kesempatan itu dan membuat sepeda motor dengan perlakuan khusus. Dikategorikan khusus karena menggunakan minyak sisa gorengan babi sebagai bahan bakar alternatif. Mereka menyebutnya dengan “Sepeda Motor Bertenaga Minyak Babi”.

Untuk membuktikan kualitas dari bahan bakar nabati tersebut, dilakukan touring khusus dari kantor perusahaan di Minneapolis menuju San Diego, California. Perjalanan berlangsung dalam beberapa hari dan bertepatan dengan ajang tahunan, San Siego Bacon Week atau festival pencinta bacon, 24-30 Agustus 2014.

Moge khusus

Salah satu yang menarik, adalah sepeda motor bermesin besar (moge) yang disiapkan khusus untuk ajang promosi ini. Para tim memutuskan untuk menggunakan Track T-800 CDI bertenaga mesin diesel dari produsen Dutch EVA. Sepeda motor ini menggendong mesin yang dikembangkan khusus untuk sepeda motor oleh Mercedes-Benz.

Mulai diproduksi 2009 hingga akhir 2012, akhirnya dihentikan karena tidak terlalu berhasil dipasar. Kabarnya, hanya ada 20 unit sepeda motor yang berhasil terjual selama masa produksi.

Sepeda motor diesel sengaja dipilih, karena memang mesin solar ini memang sudah terbukti mampu mengonsumsi ethanol dalam jumlah terbatas dan justru punya pengaruh positif. Moge ini punya rata-rata konsumsi bahan bakar 42,5 kpl, dengan kemampuan akselerasi 0-100 kpj dalam detik detik.

Sepeda motor itu sudah tiba di San Diego sejak tiga hari lalu, (15/8/2014) dan sudah bisa dikunjungi agar bisa dilihat langsung oleh masyarakat, menjelang festival tahunan di akhir bulan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s