Kelainan Otak Sebabkan Orang Suka Menghina Orang Lain


Sebuah studi telah menemukan bahwa kerusakan pada struktur otak yang disebut lapisan sagital akan berkorelasi dengan ketidakmampuan seseorang mendeteksi sifat sarkasme yang ada pada dirinya.

Daerah ini (lapisan sagital) berfungsi untuk menghubungkan daerah-daerah di otak satu dengan yang lain yang diketahui terlibat dalam mengolah isyarat visual dan pendengaran, serta proses pengambilan keputusan.

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh peneliti The Johns Hopkins Hospital Baltimore, Amerika Serikat, Argye Hillis, percaya telah menemukan tempat misterius di mana kecenderungan sarkasme itu berdiam jauh di dalam otak manusia.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Neurocase, para spesialis menjelaskan bagaimana setelah melihat catatan medis dari 24 orang yang dijadikan obyek penelitian, mereka menemukan bukti bahwa orang-orang yang menderita kerusakan pada belahan bagian kanan otak cenderung kehilangan kemampuan mereka untuk mengenali sifat sarkasme.

Secara khusus, para ilmuwan mengatakan wilayah otak yang rusak itu membuat seorang tidak mampu mendeteksi perilaku sarkasmenya adalah lapisan sagital. Daerah pada otak ini tampak dalam gambar yang ditandai dengan lingkaran kuning.

Menariknya, para peneliti menjelaskan bahwa orang-orang yang menderita kerusakan pada lapisan sagital tidak mengalami kesulitan mendengar atau memahami kata per kata. Satu hal yang tidak mampu mereka atasi adalah nuansa sarkastik dari kata yang mereka ucapkan dan isyarat wajah yang menunjukkan maksud menyindir.

“Meskipun mereka memahami kata-kata, sering ada kegagalan nyata saat komunikasi,” kata Argye Hillis pada Live Science.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s