Kangkung Dimasukan Dalam Kategori Gulma Oleh Amerika Serikat


Kangkung, siapa yang tak kenal sayuran ini? Kangkung dijumpai hampir di semua negara di Asia Tenggara, dengan nama beragam. Di Thailand, sayuran ini disebut phak bung, rau hijau di Vietnam, trokuon di Kamboja, dan Kalmi shak di Bangladesh.

Di Amerika, kangkung dikenal sebagai Chinese water spinach. Departemen Pertanian negara ini lebih memilih melabeli kangkung sebagai gulma berbahaya ketimbang sayuran bernilai gizi tinggi. Dibenci sebagai spesies invasif, kangkung berkembang di lahan basah Texas, Florida, dan bahkan California. Di negara itu, sayuran dengan batang berungga ini lebih sering digunakan sebagai makanan kelinci.

Hal sebaliknya terjadi di Cina. Di negeri ini, tanaman bernama ilmiah aquatica Ipomoea itu digunakan sebagai ramuan ajaib untuk berbagai penyakit, mulai dari diabetes hingga wasir dan insomnia.

Dalam kangkung terkandung banyak zat berguna. Satu porsi atau setara 100g kangkung mengandung air (90 persen), protein (3 persen), serat (3 persen), lemak (0,9 persen), karbohidrat (4,3 persen), mineral (2 persen), nicotinamide (0.6mg), riboflavin (120mg), vitamin C (137 mg), dan vitamin E (11 mg). Kangkung juga diketahui mengandung karoten, asam amino termasuk polifenol (antioksidan), dan mineral seperti kalium, zat besi dan magnesium.

Tapi bahaya kangkung bukan datang dari zat yang dikandungnya, melainkan cara pengolahan yang dilakukan sebelum dihidangkan. Jika tak hati-hati saat membersihkan dan memasaknya, Anda bisa berakhir di ranjang rumah sakit dengan kasus Fasciolopsiasis.

Penyakit ini adalah kondisi yang disebabkan oleh kuman Fasciolopsis buski, parasit pada larva yang berasal dari kotoran manusia atau babi yang terinfeksi. Kuman yang masuk ke dalam tubuh segera menempel pada dinding usus dan menyebabkan gangguan pencernaan, reaksi alergi, dan sakit perut hebat.

Karenanya, sebelum dikonsumsi, pastikan kangkung dibersihkan secara benar. Selain itu, sayuran ini sebaiknya dimasak hingga betul-betul matang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s