Ilmuwan Berhasil Uraikan Kemacetan Dengan Alogaritma Matematika


Terjebak kemacetan lalu lintas pada jam sibuk tak hanya membuat frustrasi para pengemudi, tapi juga semakin menumpuk emisi gas rumah kaca ke atmosfer bumi. Sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat, diklaim mampu mengurangi kemacetan dan emisi gas rumah kaca.

“Apa yang kita lakukan ialah mengembangkan algoritma tertentu agar otoritas transportasi dapat menggunakan model lalu lintas beresolusi tinggi ini untuk memecah kemacetan,” kata Carolina Osorio, asisten profesor bidang teknik sipil dan lingkungan, seperti dikutip dari Science Daily.

Osario bersama Kanchana Nanduri menghitung interaksi kompleks di antara tiap kendaraan di jalan raya. Menurut keduanya, model interaksi lalu lintas saat ini tidak menghitung kompleksitas kendaraan di jalan pada jam-jam tertentu. Dengan demikian, arus lalu lintas saat ini tidak dapat memprediksi kemacetan dan penggunaan bahan bakar secara keseluruhan.

Temuan keduanya ini dilaporkan dalam sepasang makalah ilmiah Transportation Science dan Transportation Research Part B. Dalam jurnal ini, Osario dan Nanduri menggabungkan data kendaraan dengan data lalu lintas kota setiap hari.

Nanduri dan Osario menggunakan simulasi lalu lintas di Kota Lausanne, Swiss, yang menampung 12 ribu lebih kendaraan per hari menggunakan karakter khusus. Bahkan model tersebut memasukkan perubahan perilaku pengemudi dari hari ke hari. Perubahan pola pikir, misalnya, yang membuat rute menjadi lebih lambat dan perubahan jalur.

Meski program simulasi tersebut mengintegrasikan skala lalu lintas dan perilaku pengemudi, proses ini juga menemui masalah. Tim ilmuwan MIT menghitung kembali agar simulasi bisa berjalan lancar, yakni dengan mengurangi jumlah detail tapi tetap menyimpan data spesifik untuk membuat prediksi. “Kuncinya pada 17 persimpangan dan 12 ribu kendaraan,” tulis Osario dalam jurnal.

Tim akan menerapkan algoritmanya pada Kota Manhattan. Selain perencanaan lalu lintas, simulasi ini ke depan dapat mengoptimalkan lokasi untuk mobil, sepeda motor, dan angkutan umum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s