Sehabis Begadang Sebaiknya Lakukan Tidur Siang Agar Awet Muda


Riset terbaru ini bermanfaat bagi orang yang suka begadang atau tidar malam yang sedikit. Agar kerusakan hormonal akibat begadang tidak makin parah, mereka disarankan tidur siang. “Tidur singkat di siang hari dapat melindungi Anda terhadap efek kesehatan berbahaya dari tidur malam yang sedikit,” kata Brice Faraut, peneliti Universite Paris Descartes-Sorbonne Paris Cite di Perancis, 4 Maret 2015.

Secara khusus, tidur siang efektif untuk mengembalikan hormon dan protein yang terlibat dalam stres dan fungsi kekebalan tubuh ke tingkat normal kembali.

Para peneliti melakukan eksperimen kecil dengan menggunakan sampel 11 pria sehat berusia antara 25 dan 32 tahun. Para relawan diharuskan tidur hanya dua jam pada malam hari.

Keesokan harinya, mereka mengalami peningkatan norepinefrin 2,5 kali lipat. Norepinefrin merupakan hormon stres yang meningkatkan denyut jantung, tekanan darah dan gula darah. Mereka juga memiliki tingkat protein lebih rendah yang disebut interleukin-6, yang memerangi virus.

Temuan ini sesuai dengan lagu Begadang karya Rhoma Irama. “Kalau terlalu banyak begadang, muka pucat karena darah berkurang.” Memang baiknya kita ikuti saran Bang Rhoma: “Jangan begadang kalau tiada artinya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s