Ditemukan Batu Akik Bangsa Viking Bertuliskan Allah Dalam Bahasa Arab


batu akik bertuliskan Allah dalam bahasa arabSebuah cincin berusia lebih dari 1.000 tahun menjadi bukti adanya hubungan antara bangsa Viking dan dunia Islam. Cincin yang digali dari sebuah kuburan wanita abad ke-9 di Swedia ini memiliki batu yang bertuliskan lafadz “untuk Allah” atau “kepada Allah” dalam bahasa Arab.

Penemuan ini memperkuat teori yang menyebut bangsaViking melakukan hubungan bisnis dengan para saudagar Islam. Cincin ini ditemukan dalam sebuah penggalian di pusat perdagangan bangsa Viking di Birka, Swedia, pada akhir tahun 1800-an. Awalnya, batu cincin ini dianggap sebagai kecubung ungu, tapi belakangan para ahli mengungkapkan bahwa itu adalah kaca berwarna yang merupakan benda eksotis pada masa itu.

Para peneliti di Unversitas Stockholm menggunakan pemindaian dengan mikroskop elektron untuk memastikan material dan tulisan huruf Arab yang tertera pada batu itu. Bangsa Skandinavia memang diketahui melakukan perdagangan benda-benda dari kaca dengan bangsa Mesir dan Mesopotamia hingga 3.400 tahun yang lalu. Jadi, kemungkinan besar bangsa Viking mendapatkan benda-benda dari kaca ini dari wilayah tersebut.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scanning menyebutkan: “Cincin ini mungkin mengandung bukti material tentang adanya interaksi langsung antara Bangsa Skandinavia di zaman Viking dengan dunia Islam.

“Sebagai satu-satunya cincin dengan tulisan Arab yang ditemukan di situs arkeologi Skandinavia, ini menjadi benda unik di antara benda-benda lain pada zaman Viking.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s