Baja Super Kuat Dan Ringan Berhasil Dibuat Oleh Ilmuwan Korea Selatan


Pembangunan tak bisa lepas dari penggunaan baja. Baja digunakan untuk membangun gedung ataupun infrastruktur lain, seperti jembatan dan turbin listrik. Baru-baru ini, tim ilmuwan dari Korea Selatan sedang mengembangkan materi baja yang lebih baik, lebih ringan, bahkan lebih kuat daripada baja biasa.

Para ilmuwan dari Pohan University of Sciences and Technology mengumumkan penemuan mereka pada awal bulan ini. Mereka mengklaim baja yang mereka kembangkan sebagai terobosan besar dalam beberapa dekade terakhir.

“Kekuatannya hampir menyamai titanium, tapi biaya produksinya lebih murah,” kata Hansoo Kim, pemimpin penelitian, seperti dikutip dari Popular Mechanics, Senin, 16 Februari 2015. Studi ini mereka terbitkan dalam jurnal Nature.

Karena kelenturan dan kekuatannya, baja tersebut dapat diaplikasikan pada banyak bidang. Di antaranya infrastruktur, otomotif, dan industri pesawat terbang. Kim bersama tim ini memiliki kunci untuk menciptakan baja super tersebut. Penelitiannya berlandaskan studi yang sebelumnya dilakukan peneliti Uni Soviet pada 1970. Dalam penelitian itu, para ilmuwan Soviet menambahkan aluminium dalam campuran baja.

“Saya mengembangkan metode ini,” ujar Kim. Dia mengatakan baja barunya itu direkayasa sedemikian rupa sampai mencapai titik kekuatan tertentu. Bersama rekan penelitiannya, Kim menghabiskan beberapa tahun untuk merancang metode pemanasan dan pembentukan kekuatan kristal yang dapat membuat baja lebih kuat. “Ini metode untuk membentuk lapisan silikat.”

Saat ini penelitian Kim memang baru memasuki skala uji pabrik. Agar temuan itu lebih sahih, dia harus mengujinya dalam skala pabrik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s