Anjing Bisa Deteksi Orang Baik Hati dan Orang Jahat


Anjing dapat merasakan apakah seseorang berbohong kepada mereka atau mengatakan yang sebenarnya, menurut sebuah studi baru. Para ilmuwan juga percaya anjing akan mengingat jika seseorang dapat dipercaya dan memutuskan apakah akan mengikuti perintah seseorang itu berdasarkan pendapat anjing tentang manusia.

Penelitian terbaru yang diterbitkan di Animal Cognition itu menunjukkan bahwa anjing mempelajari orang mana yang dapat mereka andalkan, terutama ketika menyangkut makanan. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa jika seseorang menunjuk sesuatu, seekor anjing biasanya akan mengikuti instruksi dan berjalan dan mengendus apa yang sedang diarahkan.

Sebuah tim di Universitas Kyoto, Jepang, menguji teori ini pada 34 anjing. Pertama, peneliti menunjuk ke suatu wadah yang memiliki makanan yang tersembunyi di dalamnya. Mereka pun berlari menuju suguhan makan itu.

Dalam tes kedua, peneliti yang sama menunjuk ke arah wadah kosong. Anjing-anjing itu patuh berlari ke arah wadah itu. Ketika ilmuwan mencoba untuk mengarahkan mereka menuju wadah ketiga, yang memiliki makanan di dalamnya, sebagian besar anjing mengabaikan instruksi itu.

Namun, ketika seorang peneliti baru menunjuk ke arah wadah itu, anjing melakukan apa yang ditunjukkan peneliti dan menemukan suguhan itu. Akiko Takaoka, yang memimpin penelitian itu, mengatakan hal ini berarti bahwa anjing dapat menggunakan pengalaman mereka terhadap manusia untuk menilai apakah seseorang bisa dipercaya.

Dia mengatakan kepada BBC bahwa dia terkejut mengetahui anjing tersebuat mendevaluasi keandalan manusia begitu cepat. “Anjing memiliki kecerdasan sosial yang lebih canggih dari yang kita duga. Kecerdasan sosial ini berkembang selektif dalam sejarah kehidupan mereka yang panjang dengan manusia,” tambahnya.

John Bradshaw, seorang ilmuwan kedokteran hewan yang mengkhususkan diri dalam interaksi manusia-hewan di University of Bristol, mengatakan bahwa anjing suka hidup mereka bisa diprediksi. “Anjing yang pemiliknya tidak konsisten kepada mereka sering memiliki gangguan perilaku,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s