Penjelasan Ilmiah Mengapa Orang Jatuh Cinta Pada Batu Akik


Apa yang membuat seseorang “kepincut” pada batu akik? Seorang kolektor batu akik, Junaidi, mengatakan yang menarik dari dunia batu adalah, setiap orang punya imajinasi masing-masing. “Yang membuat batu ini mahal adalah iming-iming metamorfosis para pemburu batu,” katanya Jumat, 14 Februari 2015.

Batu akik bacan, misalnya. Batu akik ini berasal dari salah satu jenis mineral hasil laut ini banyak diburu lantaran dapat bermetamorfosis. Warnanya yang hijau pekat lama-kelamaan menyerupai warna zamrud tanpa serat atau berkas di dalamnya. Batu akik bacan dikatakan sempurna apabila, saat disorot cahaya, terlihat seperti ada kandungan air di dalamnya. “Semakin jernih, semakin mahal,” kata John Marten, pengelola Toko Bacan Mania, di Pasar Rawa Bening, Jatinegara, Jakarta Timur.

Pada batu akik kalimaya, Junaidi menjelaskan, pemburu batu memilih yang paling berkilau dan bertekstur seperti marmer. Adapun jenis batu akik yang sedang naik daun adalah idocrase Aceh alias batu bio solar. Penampilannya hampir serupa batu giok. “Karena itu, banyak yang menyebutnya giok Aceh,” ujarnya.

Ada pula batu akik yang terbilang langka, yakni pancawarna asal Garut. Menurut Junaidi, batu ini terbentuk dari fosil-fosil kayu pada pohon yang telah lama mati. Jika disorot cahaya, tampak serat-serat kayu yang menjadi ciri khasnya dengan pancaran warna hijau, cokelat, oranye, dan merah. Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu sedang membuat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pengembangan Usaha Kerajinan Batu Akik untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di daerah itu. Wakil Bupati Rokan Hulu Hamid Sukri mengatakan aturan itu bertujuan melindungi perajin serta cara mengeksploitasi sumber daya alam tersebut.

“Perda tersebut sekaligus akan berguna untuk melindungi bahan baku batu akik yang dieksploitasi secara besar-besaran, serta cara pengolahan, pemasaran, dan pungutan retribusi sebagai sumber pendapatan asli daerah,” Hamid menjelaskan, Senin, 16 Februari 2015.

Hamid menambahkan, kebijakan ini juga untuk meningkatkan perolehan pendapatan asli daerah. Nantinya, kerajinan batu akik dari Rokan Hulu akan memiliki merek khas daerah ini.

Hamid berujar, bahan batu akik dicari di sungai-sungai dan dikumpulkan sendiri-sendiri oleh masyarakat atau belum dikelola secara berkelompok. Pemerintah, kata Hamid, belum melakukan penelitian dan pengembangan untuk mengetahui sentra deposit bahan batu akik. Namun, di Rokan Hulu, terdapat sebanyak 50 perajin batu akik yang pembuatannya masih secara manual atau berupa industri rumah tangga.

Hamid menyebutkan kerajinan batu akik dari wilayahnya telah digunakan beberapa tokoh. Cincin batu akik, misalnya, dibawa ke Jepang oleh President Director PT Toyota Astra Motor, yakni Mr Hiroyuki Fukui. Juga, Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, yang memiliki kerajinan batu akik di wilayahnya.

Hamid berharap cincin batu akik Rokan Hulu bisa menjadi suvenir. “Supaya mampu memicu pertumbuhan investasi khususnya pengembangan usaha kerajinan batu akik,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s