Ilmuwan Temukan Kristal Baru Dipusat Inti Bumi


Para ilmuwan mengatakan, mereka mendapatkan pemahaman baru tentang apa yang terdapat di pusat inti bumi. Tim peneliti dari China dan Amerika Serikat mengisyaratkan inti paling dalam planet kita memiliki daerah yang berbeda di pusatnya. Tim meyakini struktur kristal logam berbeda dengan yang ditemukan pada bagian luar inti bumi.

Temuan ini dilaporkan pada jurnal Nature Geoscience, kata wartawan BBC Rebecca Morelle. Tanpa mengebor pusat bumi, susunannya tetap menjadi sebuah misteri. Karena itulah, para ilmuwan menggunakan gema akibat gempa untuk mengkaji pusat inti bumi dengan menganalisis bagaimana gema berubah saat bergerak menembus sejumlah lapisan planet.

Profesor Xiaodong Song, dari University of Illinois di Urbana-Champaign, mengatakan, “Sejumlah gelombang bolak-balik melambung dari satu bagian bumi ke bagian lain planet.” Profesor Song dan koleganya di China mengatakan, data ini mengisyaratkan inti dalam bumi, daerah padat seukuran bulan, terdiri dari dua bagian.

Kristal pada “inti paling dalam” yang terkait dengan arah timur ke barat akan berbalik jika Anda melihat bumi dari bagian atas kutub utara. Sementara kristal pada “inti dalam bagian luar” terkait dengan arah utara ke selatan, posisinya vertikal jika dilihat ke bawah dari titik yang sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s