Ikan Hiu Paus Seberat 6 Ton Terperangkap Di PLTU Paiton Probolinggo


Seekor Hiu Paus masih terperangkap di kanal PLTU Paiton di Probolinggo, Jawa Timur. Penyelamatan hiu paus seberat 6 ton ini bukan perkara mudah sehingga sebuah tim akan segera dibentuk. “Kita akan bentuk tim dengan melibatkan para ahli, rencananya kita akan mengadakan pertemuan pada Rabu 1 Februari menatang,” kata Kepala Balai Pengelolaan Sumber daya Pesisir dan Laut Denpasar Bapak Ikram M Sangadji Sabtu (7/2/2015).

Memindahkan hiu paus ini tentunya bukan perkara mudah. Hal ini disebabkan hewan ini memiliki berat 6 ton dan juga panjang sekitar 6 meter. “Karena itu kita bentuk tim, selain itu posisi hewan ini ada di PLTU yang merupakan objek vital,” katanya.

Ikram menduga, ikan ini terpisah dari kawanannya, karena hewan ini biasanya bergerak secara berkelompok. Hewan ini masuk ke kanal diduga karena mencari makanan berupa plankton. “Di kanal itu ada pertemuan antara pasang dan surut sehingga kandungan nutrisinya tinggi. Diperkirakan dia mengikuti arus sehingga masuk ke dalam kanal tersebut,” katanya. Ikram mengatakan, hiu ini mencari makanan dengan mencari plankton di lautan. Caranya dengan menyaring air laut melalui mulutnya. “Jadi bukan hiu yang memakan ikan,” katanya. Kawasan Probolinggo merupakan daerah persebaran Hiu Paus. Hiu ini biasanya bergerak dari kawasan ini menuju ke kawasan Surabaya.

Hiu paus sepanjang 6 meter yang terperangkap di kanal PLTU Paiton diperkirakan masih remaja. Hiu ini ditaksir memiliki berat sekitar 6 ton. “Diperkirakan masih remaja, karena kalau sudah dewasa bisa lebih besar lagi,” kata Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar Bapak Ikram M. Sangadji, Sabtu (7/2/2015).

Ikram mengatakan, ikan ini diduga terpisah dari kawanannya, karena hewan ini biasanya bergerak secara berkelompok. Hewan ini masuk ke kanal diduga karena mencari makanan berupa plankton. “Di kanal itu ada pertemuan antara pasang dan surut sehingga kandungan nutrisinya tinggi. Diperkirakan dia mengikuti arus sehingga masuk ke dalam kanal tersebut,” katanya. Ikram mengatakan, hiu ini mencari makanan dengan mencari plankton di lautan. Caranya dengan menyaring air laut melalui mulutnya. “Jadi bukan hiu yang memakan ikan,” katanya.

Ikram mengatakan, kawasan Probolinggo merupakan daerah persebaran Hiu Paus. Hiu ini biasanya bergerak dari kawasan ini menuju ke kawasan Surabaya. Sementara itu, Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan juga mendapatkan laporan mengenai hiu yang terjebak itu pada 2 Februari lalu. Saat ini hiu berukuran lima meter sampai enam meter ini masih terperangkap di kanal tersebut. Hiu paus merupakan jenis ikan berukuran besar yang statusnya telah dilindungi oleh Kepmen KP 18 Tahun 2013.

Seekor hiu paus sepanjang 6 meter terperangkap di kanal yang ada di PLTU Paiton, Probolinggo, Jawa Timur. PLN memastikan keberadaan hiu paus tersebut tidak menggangu operasional pembangkit. “Pada dasarnya tidak mengganggu operasi pembangkit namun memang harus dievakuasi dengan hati-hati,” kata Kepala humas Perusahaan listrik negara, PLN Bambang Dwi Yanto Sabtu (7/2/2015).

Saat ini petugas dari Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut dari Kementerian Kelautan dan Perikanan masih mencoba mengevakuasi hiu paus tersebut. “Masih coba dievakuasi,” katanya. Sementara itu, Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan juga mendapatkan laporan mengenai hiu yang terjebak itu pada 2 Februari lalu. Saat ini hiu berukuran lima meter sampai enam meter ini masih terperangkap di kanal tersebut. Hiu paus merupakan jenis ikan berukuran besar yang statusnya telah dilindungi oleh Kepmen KP 18 Tahun 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s