Menimbang Manfaat Minum Kopi dan Hipertensi


National Health Service di Inggris memperingatkan mengenai asupan kafein yang tinggi, karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Tapi di balik konsumsi kafein yang berpengaruh pada hipertensi, juga ditemukan manfaat kopi untuk menghindari kanker kulit. Ini diambil dari studi Journal of National Cancer Institute yang telah melakukan survei 447 ribu orang di Amerika Serikat dalam penelitian kurang lebih 10 tahun.

Ada penurunan risiko kena kanker kulit melanoma setelah minum kopi. Yakni, orang yang minum empat cangkir kopi atau lebih dalam sehari 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami melanoma. Penyebab utama kanker kulit melanoma adalah paparan radiasi UV. Radiasi ini bisa melalui sinar matahari alami atau cahaya buatan yang digunakan dalam tanning bed.

Temuan ini didasari atas studi tahun 2007 yang diterbitkan oleh Dr Ernest Abel, yang menemukan bahwa resiko kanker kulit non-melanoma juga turun dengan peningkatan konsumsi kopi. Sejumlah penelitian mengungkapkan pentingnya kopi bagi kesehatan tubuh. Tak hanya mampu mengurangi stres seusai beraktivitas, kopi ternyata berkhasiat untuk meningkatkan semangat. Berikut adalah manfaat kopi jika dikonsumsi pada pagi hari:

1. Memperlancar sirkulasi darah
Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan ada perbedaan kelancaran sirkulasi darah antara orang yang meminum kopi sebelum beraktivitas dan tidak meminum kopi. Ilmuwan menemukan aliran darah peminum kopi meningkat 30 persen selama 75 menit, dibandingkan orang yang tidak meminum kopi. Semakin lancar aliran darah, maka semakin banyak oksigen yang mengalir dalam tubuh.

2. Mengurangi nyeri
Ilmuwan Universitas Illinois, Amerika Serikat, mengungkapkan orang yang mengkonsumsi secangkir kopi 30 menit sebelum beraktivitas, mampu mengurangi nyeri otot. Kafein dalam kopi ampuh meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot tubuh.

3. Meningkatkan daya ingat
Sebuah studi Universitas Johns Hopkins juga merilis hasil penelitian, yakni kafein mampu meningkatkan daya ingat, bahkan setelah 24 jam dikonsumsi.

4. Regenerasi Otot
Kafein dalam kopi bisa memulihkan kebugaran dan cedera otot. Zat ini bisa memperbaiki kekuatan otot yang melemah akibat penuaan. Efek ini sangat terlihat pada otot diafragma ketika orang bernapas.

5. Bahan bakar otot
Dalam Journal of Applied Physiology, ilmuwan menyebutkan bahwa kafein juga bermanfaat bagi atlet yang telah melakukan latihan setiap hari. Atlet lebih baik mengkonsumsi kafein dan karbohidrat untuk menghasilkan glikogen yang lebih banyak. Glikogen adalah energi untuk otot.

Meski begitu, konsumsi kopi tetap tidak boleh berlebihan. Jumlah maksimum kafein yang direkomendasikan ilmuwan yakni 6 miligram per kilogram berat badan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s