Fosil Kerbau Purba Ditemukan Di Gunung Kidul


Bukti bahwa wilayah Indonesia merupakan tanah purba kembali bertambah. Bukti kali ini berupa fosil kerbau purba, Bovidae, yang ditemukan di Delta Kali Oya, Dusun Sokoliman, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

“Temuan berupa dua tulang sendi, paha depan, dan fosil geraham,” kata Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta, Siswanto, melalui pesan pendek, Jumat, 23 Januari 2015.

Fosil ini ditemukan oleh Bambang Sukito, warga Dusun Ngringin, pada pertengahan Desember 2014. Namun, temuan itu baru berhasil dianalisis pada Januari 2015. Sukito tak sengaja menemukan ketiga spesimen hewan purba ini saat sedang berburu bahan batu akik di tepi sungai dekat Gua Pindul.

Siswanto mengatakan, jika dilihat dari umur relatif, ketiga spesimen ini berumur 800 ribu hingga 1 juta tahun. Sebelumnya, di sekitar Goa Pindul juga pernah ditemukan fosil manusia purba jenis Homo erectus berusia 1,6 juta tahun. Atau, fosil itu sezaman dengan temuan di Situs Sangiran, Jawa Tengah—1.6 sampai 2 juta tahun.

Dia mengklaim, temuan tiga fosil ini dapat mengubah sejarah desa. Sebab, kata dia, fosil hewan purba baru pertama kali ditemukan di desa ini. “Fosil ini bisa memberi tahu banyak tentang kondisi binatang purba di wilayah setempat.”

Di utara Gua Pindul, kata Siswanto, banyak ditemukan kubur batu. Sarkofagus ini menandakan bahwa daerah Gunungkidul memiliki peradaban yang tua. “Tinggal bagaimana kita mengupasnya secara rinci,” ujar dia.

Saat ini ketiga spesimen fosil tersebut sedang diteliti lebih lanjut oleh Balai Arkeologi Yogyakarta. Siswanto mengimbau warga setempat untuk segera melapor ke lembaganya jika menemukan fosil baru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s