Tips Berkendaraan Saat Hujan


Hujan mengguyur wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sejak Kamis pagi, 22 Januari 2015. Bagi Anda yang tengah mengemudikan kendaraan, baik sepeda motor ataupun mobil, sebaiknya berhati-hati.

Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Hindarsono berbagi tip aman berkendara saat hujan. Pertama, perhatikan kondisi ban kendaraan Anda. “Apabila ban sudah halus, segera ganti. Karena berbahaya, dapat menyebabkan tergelincir,” kata Hindarsono, Kamis, 22 Januari 2015.

Kedua, bagi pengemudi sepeda motor yang mengenakan jas hujan, jangan menggunakan jas hujan model ponco yang memanjang ke bawah. “Karena dapat terlilit ke roda dan pengendara bisa terjatuh,” ujarnya.

Ketiga, pengendara roda dua yang hendak berteduh, sebaiknya memastikan kendaraannya tidak mengganggu jalan kendaraan yang lain. “Jangan berteduh di tempat yang rawan.” Keempat, pengemudi wajib memperhatikan jalan yang tergenang rawan lubang. “Sebaiknya jangan memacu kendaraan dengan kencang, karena jika kena lubang bisa terjatuh,” kata dia.

Kelima, jika hujan cukup lebat, segera kurangi kecepatan laju kendaraan karena pandangan terbatas. “Khususnya kendaraan yang sedang melaju di jalan tol,” ujar Hindarsono. Sedangkan Keenam, bagi pengemudi mobil pribadi janganlah arogan dengan melaju kencang dan membuat genangan air terciprat kemana-mana dan mengenai pengguna jalan lain … Janganlah arogan dan menjadi raja jalanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s