Rahasia Awet Muda Para Pengemar Olahraga Jogging


ebuah studi terbaru tim peneliti gabungan dari Humboldt State University dan University of Colorado di Boulder mengungkap manfaat joging bagi manusia berumur.

Menurut para peneliti yang menerbitkan temuan ini di jurnal PLoS ONE, metabolisme manusia pada umur 50-60 tahun akan terlihat seperti yang dimiliki seorang remaja jika rutin melakukan kegiatan aerobik, khususnya berlari. Justus Ortega, pemimpin penelitian, mengatakan orang paruh baya yang rutin berlari juga akan terhindar dari nyeri tulang ketika berjalan dibanding manusia lanjut usia yang jarang joging. “Mereka akan seperti remaja umur 20-an,” kata Ortega, yang juga seorang pakar kinesiologi, seperti dikutip dari Sciencedaily, Jumat, 21 November 2014.

Sistem metabolisme tubuh, menurut Ortega, merupakan indikator usia tua seseorang. Metabolisme tubuh yang terganggu menyulitkan seseorang untuk dapat berjalan dengan baik. “Jika metabolisme kurang bagus, seringnya malah bikin lelah,” ujarnya. Studi ini menyertakan orang berumur 65 tahun dan lebih yang sering joging. Tiap hari mereka melakukan olahraga tersebut selama 30 menit tiga kali dalam seminggu.

Dalam studi, peserta diminta berjalan di atas treadmill dengan tiga model kecepatan, yaitu 1,6; 2,8; dan 3,9 mil per jam. Tujuannya adalah mengukur produksi-konsumsi oksigen dan karbon dioksida mereka. Secara keseluruhan, peneliti melihat metabolisme tubuh para manusia paruh baya tersebut 7-10 persen lebih tertata. “Mirip dengan anak muda,” kata Ortega.

Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti berkeyakinan bahwa faktor olahraga lari kecil tersebut berkaitan dengan sel mitokondria—organel tempat berlangsungnya proses respirasi sel pada makhluk hidup. Mereka percaya, olahraga ringan dapat membuat kerja mitokondria dalam otot manusia lebih bersemangat.

“Intinya, berjalan membuat Anda lebih muda,” kata Rodger Kram, pakar fisiologi dari University of Colorado. Ke depan, tim berencana meneliti kegiatan aerobik lain yang dapat memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s