Cara Mencegah Terkena Migrain


Migrain atau sakit kepala sebelah dapat menyerang siapa pun. Migrain yang datang secara tiba-tiba tentunya sangat mengganggu aktivitas. Berikut enam cara sederhana yang dapat dilakukan agar migrain Anda tidak kambuh.

Jangan telat makan
Bawalah selalu makanan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Jangan biarkan perut kosong dalam waktu terlalu lama. Mengapa demikian? Sebab, jika terlambat makan dalam waktu cukup lama, kadar gula darah bisa menjadi sangat rendah. Hal ini menjadi salah satu pemicu migrain.

Minum suplemen
Beberapa penelitian menyatakan bahwa konsumsi suplemen yang mengandung vitamin B2, magnesium, dan coenzyme Q 10 dapat membantu mencegah migrain. Akan tetapi Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika memutuskan untuk meminum suplemen. Terutama jika sedang hamil atau menyusui.

Jika tidak meminum suplemen, konsumsilah makanan yang banyak mengandung magnesium seperti kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian.

Melakukan cardio
Berdasarkan penelitian di Swedia, bersepeda dalam ruangan sebanyak tiga kali dalam seminggu dapat mengurangi rasa sakit kepala. Tak hanya bersepeda di tempat fitness, Anda juga bisa melakukan cardio dengan jogging dan zumba selama tiga kali dalam seminggu.

Namun, lakukan lah secara bertahap dan pelan-pelan jika Anda sebelumnya tak pernah cardio. Jangan membuat tubuh Anda menjadi kaget dengan latihan baru itu sehingga membuat lelah dan memicu migrain.

Hindari stres
Salah satu penyebab migrain yaitu stres. Hasil studi dari Montefiore Headache Center di New York City menyatakan stres tidak dapat disalahkan, melainkan hiruk pikuk kehidupan yang menjadi pemicu stres. Mengurangi hormon korsitol atau hormon stres dapat mencegah migrain. Buat lah pikiran Anda tetap tenang.

Pertimbangkan konsumsi obat kontrasepsi
Obat-obatan yang mengandung estrogen, seperti pil KB, NuvaRing dan hormone replacement therapy (HRT) atauatau terapi pengganti hormon dapat menyebabkan fluktuasi hormonal yang memicu migrain. Konsultasi lah dengan dokter ketika ingin konsumsi obat-obatan tesebut.

Bercinta dengan pasangan
Sebuah penelitian di Jerman tahun 2013 menyatakan, seks tak hanya dapat menghilangkan stres, tetapi juga migrain. Anda akan merasakan banyak manfaatnya ketika orgasme. Lakukan lah bersama pasangan Anda tanpa tekanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s