Cara Mengolah Koran Bekas Menjadi Bensin


Meski banyak orang masa kini lebih suka membaca berita online, tetapi koran tetap diminati jutaan orang di dunia. Tak perlu khawatir sampah kertasnya karena bekas koran biasa didaur ulang. Paling baru, Tulane University, New Orleans, Lousiana, AS, menemukan cara untuk mengubah kertas koran bekas menjadi biofuel.

Dipimpin oleh DR Harshad Velankar, tim menemukan bakteri dari koran lama—disebut TU-103—yang bisa mengubah kertas koran menjadi butanol untuk menggerakkan mesin, termasuk mobil. Bakteri ini pertama kali ditemukan pada kotoran binatang yang secara organik berubah menjadi butanol dengan cara khusus.

Dengan bantuan oksigen, bakteri tersebut bersatu dengan material selulosa organik pada kertas, lalu menjadi bahan bakar. Dengan mengubah material selulosa organik menjadi bio-butanol, ilmuwan di universitas tersebut memprediksi, pada masa depan ketergantungan terhadap bahan bakar fosil akan berkurang.

Keuntungan lain, bio-butanol bisa langsung terbakar habis, yang artinya jauh mengurangi emisi. Mengonversi koran menjadi bio-butanol juga secara drastis akan mengurangi sampai jutaan ton koran. Artinya, sangat sanggup mencukupi kebutuhan bahan bakar penduduk dunia.

Terlebih, bio-butanol bisa digunakan pada mobil tanpa harus melakukan adaptasi karena bisa terbakar mirip dengan pembakaran bensin. Inilah bahan bakar alternatif yang hampir mendekati bensin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s