Cara Merawat Kulit Agar Sehat dan Putih Bersinar


Merawat kulit penting agar bagian terluar tubuh ini senantiasa sehat dan terlihat segar. Perawatan kulit yang baik salah satunya dengan melindunginya dari sinar matahari dan selalu membersihkan wajah setiap hari. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk perawatan kulit, pilihan gaya hidup dapat membantu menunda proses penuaan dini kulit dan mencegah berbagai masalah kulit. Caranya pun gampang dan mudah, asalkan dilakukan secara berkesinambungan, tak hanya sesekali dan seingatnya saja.

Berikut cara menjaga kulit agar tetap bersinar:

Lindungi dari sinar matahari
Salah satu cara penting yang harus Anda lakukan adalah melindungi kulit dari sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik hitam, dan masalah kulit lainnya bahkan dapat meningkatkan resiko kanker kulit. Untuk perlindungan, gunakan tabir surya spektrum luas dengan kandungan minimal SPF 15 ketika berada di luar ruangan. Gunakan tabir surya setiap dua jam sekali atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat. Hindari paparan sinar matahari langsung antara pukul 10.00 – 16.00 karena pada jam-jam tersebut matahari bersinar sangat kuat. Jika harus bekerja di bawah sinar matahari, kenakan pakaian yang dapat melindungi kulit, pakailah baju lengan panjang yang tidak tipis, celana panjang dan topi yang bertepi lebar.

Tidak merokok
Merokok membuat kulit Anda terlihat lebih tua dan memberikan kontribusi mempercepat kulit menjadi keriput. Merokok menyempitkan pembuluh darah kecil pada lapisan terluar kulit yang menurunkan aliran darah. Hal ini akan menghambat aliran oksigen ke dalam kulit dan nutrisi penting bagi kesehatan kulit. Merokok juga merusak kolagen dan serat elastin, dua komponen yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Selain itu ekspresi wajah berulang saat merokok seperti mengerucutkan bibir saat menghirup dan menyipitkan mata saat menjaga asap keluar dapat menyebabkan keriput.

Merawat kulit dengan lembut
Membersihkan kulit setiap hari dan bercukur dapat menjadi jalan untuk memiliki kulit tetap lembut. Batasi waktu mandi yang lama dan menggunakan air panas karena dapat menghilangkan kelembaban kulit. Hindari menggunakan sabun mandi yang memakai detergen yang kuat karena akan mengikis minyak dari dalam kulit.Pakailah air hangat dan sabun yang mempunyai pelembab dan detergen ringan. Jika Anda hendak mencukur bulu-bulu pada tubuh oleskan krim cukur, lotion, atau gel sebelum bercukur ini dapat melumasi kulit sehingga melindungi kulit agar tidak terluka. Gunakan juga pisau cukur yang bersih dan tajam, cukurlah menurut arah rambut tumbuh bukan melawan arah. Tepuk-tepuk ringan dan lembut setelah mencuci atau mandi agar kulit Anda tetap lembab.Jika kulit Anda kering, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk penggunaan sehari-hari, pertimbangkan pelembab yang mengandung SPF.

Makan makanan yang sehat
Diet sehat dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat. Makanlah banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan rendah protein. Beberapa penelitian menunjukkan makanan yang kaya vitamin C, dan karbohidrat rendah lemak, akan membuat kulit terlihat lebih muda.

Mengelola stress
Stress yang tidak terkontrol dapat membuat kulit Anda lebih sensitif, memicu jerawat, dan masalah kulit lainnya. Kelola stress Anda, berikan waktu untuk melakukan hal-hal yang bisa Anda nikmati. Hasilnya mungkin akan lebih dari yang Anda harapkan, pikiran menjadi rileks dan Anda memperoleh kulit yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s