Bensin Timbal Tingkat Resiko Autis Pada Anak


Autisme pada anak dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, namun, faktor terbesar yang memengaruhi hal ini ternyata dari pencemaran timbal. Ternyata timbal dapat memengaruhi sistem saraf pusat secara langsung pada orang tua dan kemudian menurun pada anak.

“Kasus autisme banyak terjadi karena orang tua keracunan timbal (Pb) lewat hasil pembakaran bahan bakar minyak (bbm),” kata dr. Bagus Satryia Budi dari Kementrian Kesehatan.

Risiko paparan timbal terhadap ibu maupun ayah sangat mungkin membawa risiko autisme pada bayi. Timbal akan mengendap di dalam darah dan berada dalam tubuh seumur hidup. Oleh karena itu dr Bagus menyarankan agar ibu hamil di kota-kota besar tidak terlalu sering beraktivitas di luar rumah.

“Besarnya timbal dapat diketahui dari oktan bensin. Bensin tanpa timbal biasanya bernilai oktan 88 atau lebih,” jelas dr. Bagus saat ditemui usai peresmian RS Pusat Otak Nasional (PON), seperti ditulis pada Jumat (18/7/2014).

Risiko autisme dapat juga menurun melalui ayah. Di dalam tubuh timbal dapat mengendap hingga seumur hidup bahkan bisa menjadi bagian dari DNA penurun faktor austisme. Timbal yang ada dalam tubuh dapat diuji baik dalam darah maupun rambut.

Timbal pada mulanya masuk melalui sistem pernapasan menuju ke otak. Pada tahap pertama timbal memengaruhi sistem saraf kemudian bergerak ke seluruh tubuh melalui darah. Timbal yang mengendap dalam darah dapat diketahui dari deteksi plumbum. Jika tingkat Pb diatas lebih dari 0,1 mg/100 cc dapat menyebabkan keracunan hingga berpengaruh pada kecerdasan otak anak.

dr. Bagus sangat khawatir terhadap hal ini. Bahan bakar dengan timbal hanya diperbolehkan untuk industri. Itulah sebabnya mengapa tidak boleh ada pemukiman di sekitar wilayah pabrik. Oleh karena itu bahan bakar yang mengandung timbal tidak seharusnya digunakan untuk kendaraan bermotor.

“Memang murah namun dampaknya jauh lebih mahal. Bahkan Green Peace sekalipun marah besar terhadap penggunaan bensin ini,” tutupnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s