Spesies Burung Baru Ditemukan di Tengah Kota Di Kamboja


Spesies baru tak melulu ditemukan di rimba yang tak terjamah. Spesies burung pekicau berbulu unik baru diketahui keberadaannya tahun ini setelah bersembunyi di balik bangunan kota.

Burung ini bernama tailorbird Kamboja (Orthotomus chaktomuk). Para peneliti menemukan burung ini di tengah ibu kota Kamboja, Phnom Penh, dan beberapa wilayah lain di luar kota itu. Kicaunya yang merdu tertelan oleh kebisingan kota yang dipadati 1,5 juta penduduk. Tubuhnya yang mungil bersembunyi di balik lokasi konstruksi gedung tinggi.

Temuan ini dipublikasikan melalui jurnal milik komunitas Burung Asia, Forktail. Penemunya terdiri atas peneliti dari beberapa grup pemerhati satwa, seperti Wildlife Conservation Society dan BirdLife International.

“Spesies baru ini ditemukan hanya 30 menit perjalanan dari rumah saya,” ujar salah seorang penemu, Simon Mahood, dari Wildlife Conservation Society melalui siaran pers, Selasa, 25 Juni 2013. “Temuan ini menunjukkan bahwa spesies burung baru bisa ditemukan di tempat familiar yang tak pernah diduga.”

Burung tailorbird Kamboja berukuran sebesar burung pipit. Bulunya berwarna abu-abu dengan jenger berwarna merah dan leher hitam. Burung ini dijumpai di dataran lembab yang basah dan di cekungan yang sering terendam banjir.

Nama ilmiah “chaktomuk” diadopsi dari bahasa Khmer yang berarti “empat wajah”. Empat wajah mewakili sejarah penemuan burung yang ditemukan di empat lokasi bersamaan, yaitu pertemuan Kota Phnom Penh dengan tiga sungai besar: Tonle Sap, Mekong, dan Bassac.

Sayangnya, temuan ini hadir bersama kabar buruk. Peneliti memprediksi burung ini pernah ada dalam jumlah besar. Namun, kini habitatnya semakin menyusut akibat perluasan lahan pertanian dan perumahan. “Kami merekomendasikan burung ini masuk ke dalam status hampir terancam,” kata Mahood.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s