Cara Mencegah Terkena Cacar Air Berulang Kali


Akhir-akhir ini kabar kelangkaan vaksin varisela alias vaksin cacar air sedang ramai diperbincangkan. Beberapa rumah sakit di kota-kota besar di Indonesia juga dikabarkan kesulitan mendapatkan vaksin ini. Meski bukan termasuk vaksin dasar yang direkomendasikan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sebaiknya vaksin ini tetap diberikan. Sebab, sebelum ditemukannya vaksin ini, tercatat banyak kematian yang diakibatkan oleh cacar air.

Vaksin cacar air berisi virus penyebab cacar air yaitu varicella-zoster yang sudah dilemahkan. Diharapkan tubuh seseorang yang sudah divaksin memiliki kekebalan terhadap virus ini sehingga tidak terjangkit cacar air di masa mendatang. Yuk kita kenali lebih dalam mengenai vaksin cacar air. Berikut informasi yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, dan ditulis pada Senin (26/5/2014):

1. Tak dibutuhkan jika pernah terinfeksi
Pada prinsipnya vaksin ini sangat disarankan untuk diberikan kepada anak berusia di bawah 13 tahun yang belum pernah menderita cacar air. Untuk mereka yang sudah pernah menderita cacar air, vaksin ini tidak perlu diberikan.

2. Diberikan mulai umur 12 bulan
Sebaiknya vaksin ini diberikan pada anak mulai usia 12 bulan. Vaksin ini diberikan dalam dua dosis. Dosis pertama dapat diberikan saat anak berusia 12-15 bulan dan dosis kedua pada usia 4-6 tahun.

3. Kisaran Harga
Harga vaksin tambahan di Indonesia masih tergolong mahal lantaran harus didatangkan dari luar negeri. Vrilril misalnya, vaksin tersebut bisanya didapat dengan harga minimal 275 ribu rupiah. Tetapi di rumah sakit atau klinik swasta, vaksin varisela bisa saja dijual dengan harga yang lebih tinggi. Meski demikian, terdapat organisasi-organisasi kesehatan yang menjual vaksin dengan harga lebih ekonomis dari rumah sakit swasta. Misalnya saja Rumah Vaksinasi, menyediakan vaksin semacam ini dengan harga Rp 450 ribu. Sementara itu, Klinik In Harmony di Jakarta Pusat menjualnya dengan harga Rp 600 ribu.

4. Produsen vaksin cacar air
Vaksin cacar air di Indoensia diproduksi oleh GlaxoSmithKline dan Sanofi pasteur. Dua produsen tersebut bukan merupakan produsen lokal. Itulah mengapa harga vaksin cenderung lebih tinggi karena tidak ada produsen lokal yang sanggup menembus pasar nasional dibidang vaksin.

5. Tempat mendapatkan vaksin cacar air
Vaksin cacar air dapat diperoleh di berbagai rumah sakit, baik swasta maupun pemerintah. Tak hanya di rumah sakit, vaksin cacar juga bisa didapatkan di organisasi vaksinasi seperti Rumah Vaksinasi. Selain itu vaksin juga bisa didapatkan di berbagai klinik kesehatan yang direkomendasikan oleh IDAI.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s