Puluhan Ahli Klimatologi Berkumpul di Puncak


Puluhan pakar klimatologi dari sejumlah negara di Asia Tenggara dan Belanda berkumpul di Puncak, Bogor, Selasa 20 Mei 2014. Mereka berdialog dan mengundang lebih banyak aktor untuk upaya adaptasi terhadap perubahan iklim.

“Program ini menyediakan media untuk dialog dengan penyedia data, pengguna dan stakeholder mengenai persyaratan berkaitan dengan aplikasi iklim dan strategi penelitian,” kata Kepala Badan Metrorologi Klimatilogi dan Geofisika Andi Eka Sakya.

Pertemuan dilakukan dalam kerangka lokakarya Southeast Asia Climate Assesment And Dataset (SACA&D) di Pusat Pendidikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Desa Citeko, Puncak, Kabupaten Bogor. Mereka rencananya akan berada di sana selama empat hari ke depan sejak Selasa.

Andi menjelaskan, SACA & D adalah visualisasi data iklim dan alat analisis yang dikembangkan Badan Meteorologi Belanda (KNMI) dan BMKG. Sistem data dan analisis itu beroperasi berdasarkan data iklim harian dimana Indonesia menyumbang suplai datanya lewat jaringan 60 stasiun yang dimilikinya.

Selain Indonesia ada sumbangan dari Singapura dengan 1 stasiun, Vietnam 14 stasiun, dan Malaysia sebanyak 7 stasiun. “Semua data ini dapat bermanfaat untuk masing-masing negara mengetahui kondisi iklim yang sedang bahkan akan terjadi,” kata dia.

Pakar Meteorologi dari Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), Peer Hechler, menjelaskan adaptasi terhadap perubahan iklim merupakan masalah kompleks dan lintas sektor. Instansi pemerintah, masyarakat sipil dan sektor swasta pada berbagai tingkatan, baik global, regional maupun nasional diharapkannya ikut terlibat.

Tak hanya itu yang dibutuhkan oleh masing-masing pihak tadi, adalah kebutuhan konstan informasi yang akurat mengenai tren iklim. “Ini akan membantu memudahkan dalam pengambilan keputusan, informasi kebijakan dan pelaksanaan tindak nyata,” katanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s