Fosil Sperma Tertua Didunia Ditemukan


Fosil sperma berumur belasan juta tahun ditemukan dalam kotoran kelelawar yang sudah membatu di sebuah gua di Riversleigh World Heritage Fossil Site, sebelah utara Queensland, Australia. Fosil tersebut juga menyimpan dengan rapi organ Zenker, sejenis pompa yang dipakai pejantan untuk menyalurkan spermanya ke tubuh betina.

Riset menunjukkan fosil sperma dengan bentuk berpilin itu adalah milik sejenis udang dari keluarga krustasea yang dikenal sebagai ostracod. Fosil sperma itu itu juga mencatat rekor sebagai yang tertua. Kalkulasi tim peneliti menunjukkan fosil sperma tersebut berusia sekitar 17 juta tahun. “Ini adalah fosil sperma tertua yang pernah ditemukan dalam sejarah geologi,” kata Archer.

Dalam laporan yang dimuat di jurnal Proceedings of the Royal Society B., 14 Mei 2014, fosil kotoran kelelawar itu diperiksa oleh John Neil, spesialis ostracod di Universitas La Trobe. Dialah yang menyadari ada jaringan lunak dalam fosil tersebut.

Temuan sperma tersebut merupakan lanjutan dari riset para peneliti yang mengeksloprasi situs geologi purba di wilayah Queensland pada 1988. “Area itu kaya akan fosil binatang prasejarah Australia seperti platipus raksasa bergigi dan kangguru pemakan daging, jadi kami menanti kejutan apa lagi yang datang,” kata profesor Michael Archer, peneliti dari Universitas New South Wales yang memimpin tim arkeologi gua di Riversleigh.

Pemeriksaan mikroskopik menunjukkan fosil itu ternyata mengawetkan organ internal dan seksual ostracod. Bentuk ostracod yang kecil lonjong membuatnya disebut sebagai udang biji. Di dalam organ seksualnya tersimpan sel sperma besar yang juga berada dalam kondisi nyaris sempurna.

Dilihat dari proporsi tubuh ostracod, ukuran spermanya tergolong luar biasa besar. Panjang fosil sel sperma yang ditemukan itu mencapai 1,3 milimeter. Sementara ostracod tergolong binatang mini yang panjangnya cuma 1 milimeter. Sebagai perbandingan, panjang sperma manusia saja cuma 55 micrometer atau 0,055 milimeter. Jika tidak dalam kondisi berpilin tak beraturan, panjang sperma ostracod itu diperkirakan bisa sepuluh kali lipat ukuran tubuhnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s