Stress Dapat Sebabkan Reaksi Alergi


Stres bisa memicu munculnya alergi pada orang-orang yang mengalami alergi musiman. Sebuah studi yang melibatkan 179 orang penderita demam selama 12 minggu, menemukan bahwa 39 persen dari mereka mengalami lebih dari sekali munculnya gejala sakit. Para pasien tersebut mengalami stres yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengalami gejala alergi selama masa penelitian.

Sebanyak 64 persen dari partisipan dengan level stres yang lebih tinggi mengalami empat kali gejala sakit selama dua kali 14 hari masa penelitian, demikian diungkapkan hasil riset di jurnal Annals of Allergy, Asthma & Immunology edisi April 2014. Namun, tidak ada hubungan yang signifikan antara stres dan gejala sakit pada hari yang sama.

“Stres bisa menyebabkan beberapa efek negatif pada tubuh, termasuk menyebabkan munculnya gejala alergi pada penderitanya,” kata penulis hasil riset, Dr Amber Patterson, dari Ohio State University seperti dikutip situs Health Day edisi 18 April 2014.

“Riset kami juga menemukan bahwa mereka yang sering kambuh alerginya mempunyai mood negatif yang lebih besar, yang kemungkinan menyebabkan terjadinya gejala sakit,” Patterson menambahkan. Gejala seperti bersin, hidung meler, dan mata berair bisa menambah stres pada penderita alergi dan kemungkinan menjadi akar masalah stres bagi beberapa orang.

“Meski peningkatan stres tidak mempengaruhi gejala alergi, tetapi hal itu bisa menurunkan intensitas gejalanya,” kata Petterson lagi.

Meskipun studi ini menemukan adanya hubungan antara level stres dan penderitaan gejala alergi, hal tersebut tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat. Di antara cara untuk mengontrol stres adalah meditasi dan pernapasan mendalam, membuat waktu khusus untuk rileks dan bersenang-senang, makan secara benar, cukup tidur, dan menangani masalah kesehatan secara baik, meminta bantu keluarga dan meminimalkan penyebab stres, serta belajar cara untuk mengatasi masalah tersebut lebih baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s