Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan


Di musim panas begini, ketika terik di siang hari, menikmati irisan buah mangga dingin berwarna merah oranye dengan rasa manis sangat menggiurkan. Buah mangga menjadi salah satu pilihan menyegarkan dan pelepas dahaga. Dengan kandungan vitamin A dan C, kalium juga fosfor. Dalam sebuah artikel dalam situs Healthmeup edisi 29 April 2014, memaparkan buah mangga mengandung antioksidan yang sangat baik disarankan untuk mengobati asam lambung dan pencernaan yang buruk. Sebab, enzim tertentu yang ditemukan dalam buah ini sangat berguna untuk menenangkan perut.

Mangga juga mengandung banyak pektin dan vitamin C yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL lebih rendah. LDL adalah Low Density Lipoprotein yang biasa disebut kolesterol jahat. Pada buah mangga yang besar, sangat kaya kalium dan membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Senyawa antioksidan mangga juga dapat melindungi usus besar, payudara, leukemia, dan kanker prostat. Buah mangga juga memiliki efek meningkatkan kekebalan tubuh dan mempromosikan penglihatan yang lebih baik.

Pada keasaman yang terdapat di buah mangga, justru dapat digunakan untuk mengobati keasaman dan pencernaan yang buruk. Sebagai buah yang berserat tinggi, buah ini pun bermanfaat untuk mencegah sembelit. Kemudian manfaat mangga juga dapat membantu meremajakan sel-sel dan memurnikan darah, sehingga memberikan kulit yang lebih jelas.

Sering mengkosumsi mangga dapat mengurangi bintik-bintik gelap, noda, dan jerawat juga meremajakan kulit. Mangga juga bisa digunakan untuk mengobati komedo yang mengganggu wajah. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh bubur mangga dengan setengah sendok teh susu dan madu yang dioleskan ke bagian komedo dan gosok dengan lembut. Lalu diamkan selama tiga puluh menit kemudian cuci dengan air hangat.

Untuk menunda penuaan dan pigmentasi, buah ini pun melindungi kulit terhadap radikal bebas yang menyebakan kanker kulit. Banyak orang Asia memakai mangga sebagai pelembab alami yang dapat mengencangkan kulit dan meminimalkan munculnya pori-pori besar pada kulit.

Buah ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit lantaran mengandung sejumlah besar selenium, seng, dan kalium yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sebaiknya selalu menyantap buah yang kaya manfaat kesehatan ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s