Cara Mencegah Kerusakan Ginjal Akibat Diabetes


Sebuah obat yang saat ini digunakan untuk mengobati penyakit autoimun ternyata juga dapat membantu mencegah efek yang merusak ginjal karena diabetes. Demikian sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Society of Nephrology (JASN) .

Penyakit ginjal adalah salah satu komplikasi yang paling serius dari diabetes. Komplikasi diabetes yang merusak ginjal itu biasa dikenal dengan istilah nefropati diabetik, bisa mengakibatkan kadar glukosa darah tinggi, sehingga akhirnya mungkin memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal.

Paolo Fiorina, MD, PhD dari Boston Children ‘s Hospital/Harvard Medical School dan rekan-rekannya telah menemukan reseptor yang disebut B7-1 yang dikeluarkan oleh sel imun dalam ginjal yang mengalami nefropati diabetik. Selain itu, para peneliti juga menargetkan obat autoimun CTLA4-Ig atau abatacept terhadap reseptor tersebut. Hasilnya ternyata abatacept membantu mempertahankan fungsi ginjal pada tikus dengan kondisi nefropati diabetik.

“Langkah berikutnya adalah menguji anti B7 – 1 obat pada individu dengan diabetes dan nefropati diabetik untuk melihat apakah hasilnya juga berlaku pada manusia,” kata Dr Fiorina seperti dilansir eurekalert dalam rilisnya tertanggal 27 Maret 2014 .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s