Minoxidil Obat Penumbuh Rambut Mujarab


Tak jarang, para pria yang kulitnya hanya ditumbuhi sedikit bulu merasa kurang percaya diri. Agar terlihat lebih macho, beberapa pria lantas memilih untuk menggunakan obat penumbuh atau penyubur bulu yang banyak beredar di pasaran. Namun ampuhkah cara itu?

“Minyak-minyak seperti itu secara ilmiah tidak ada buktinya,” tutur dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin di D&I Skin Centre, Denpasar, Bali.

Perihal menyuburkan bulu atau rambut, dokter spesialis kulit dan kelamin itu lebih percaya pada pengobatan ilmiah, yang salah satunya adalah minoxidil. Minoxidil adalah obat untuk mengurangi kerontokan sekaligus merangsang pertumbuhan rambut baru. Cara kerjanya ialah dengan meningkatkan peredaran darah pada akar rambut sehingga pertumbuhan rambut akan terangsang.

“Nama obatnya minoxidil, itu obat untuk mengurangi kerontokan juga merangsang tumbuhnya rambut baru. Fungsinya untuk meningkatkan peredaran darah di akar rambut, sebab peningkatan vaskularisasi akan merangsang rambut,” jelas dokter yang juga anggota Himpunan Pengusaha Muda (HIMPI) Bali. “Minoxidil juga bisa digunakan untuk kumis, janggut, atau cambang. Dioleskan saja di daerah yang ingin tumbuh rambut,” tambahnya.

Mengenai bahan alami untuk menyuburkan bulu atau rambut, banyak masyarakat Indonesia yang mempercayai khasiat kemiri dan pijatan. Mengenai kebenarannya, dr Gusti tidak benar-benar meyakini seratus persen. Menurutnya, pijat atau mengoleskan kemiri mungkin dapat melancarkan peredaran darah sehingga pertumbuhan rambut akan sedikit terangsang.

Berbeda dengan dr Gusti, spesialis kulit dan kelamin di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, dr Abraham Arimuko, SpKK, yakin bahwa beberapa obat tradisional memang dapat melebatkan bulu atau rambut. Meski demikian, ia juga menyakini khasiat obat medis standar. Menurutnya, obat medis dengan komposisi tertentu, seperti minoxidil, multivitamin, antioksidan, dan antiinflamasi dapat mengobati kerontokan rambut.

Kendati mengerti dasarnya, sebaiknya pasien tak asal memilih ramuan atau obat untuk menyuburkan bulu. dr Abraham berpesan agar pasien mengonsultasikan kondisinya terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan obat atau ramuan tertentu. Nah, bagi yang ingin menumbuhkan bulu rambut tetapi tidak berbakat karena faktor folikel, dr Abraham menyarankan opsi implan alias tanam rambut.

“Kalau memang tidak ada folikel rambutnya tidak mungkin akan tumbuh rambut Opsi tindakan adalah tanam rambut,” paparnya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s