Cara Merawat Ban Agar Awet


Merawat ban yang baik dan benar merupakan hal mutlak yang harus dipahami benar setiap pengendara. Meski kita bisa mempercayakan diri pada mekanik, ada kalanya kita sendiri saja yang melakukan perawatan. Soalnya untuk merawat ban agar tetap awet, tidaklah terlampau sulit. Seperti yang disampaikan GT Radial Safety Trainer Sony Susmana.

“Tidak terlalu sulit untuk merawat ban,” kata Sony. Dirinya pun menambahkan ada 5 langkah sederhana untuk bisa menjaga ban agar tetap awet untuk digunakan. Berikut langkah sederhana merawat ban kendaraan Anda.

1. Pilih ban sesuai lingkungan
Menggunakan ban yang tepat ialah memilih ban sesuai dengan lingkungan (atau kondisi jalanan yang kerap dilalui si pengendara). Ada 3 tipe ban yang ada di pasaran saat ini, yaitu ban bertipe HT (Highway Terrain). Dimana ban ini memang dikhususkan untuk kendaraan yang selalu dikendarai melalui jalanan aspal. Ban ini pun dibuat sedemikian rupa untuk bisa memiliki daya cengkram lebih saat bertemu dengan panasnya sebuah aspal. Ban tipe kedua ialah AT (All Terrain), dimana ban dilahirkan untuk bisa melahap segala medan, baik di tanah atau di aspal. Terakhir jenis ban MT (Mud Terrain), ban yang satu ini lebih tebal disegala sisi.

2. Periksa Tekanan angin
Periksalah tekanan angin secara berkala, dan biasakan selalu mengecek tekanan angin di pagi hari saat kendaraan belum berjalan atau bisa juga melakukan pengecekan di saat kendaraan telah berjalan 1 km dengan kecepatan 40 km/jam.

3. Mengemudi dengan baik dan benar
Mengemudi dengan baik dan benar atau berkendara dengan sistem defensive alias tidak ngebut paling maksimal sekitar 40 km/jam, jelas bisa membuat ban Anda bisa menjadi lebih awet. Dengan melihat medan yang akan dilalui, kecepatan disesuaikan dengan aturan, dll.

4. Sesuaikan muatan dengan kemampuan ban
Pastikan kendaraan Anda sesuai mengangkat beban dengan kemampuan ban Anda. Karena kalau ban tidak menopang beban yang lebih berat dan tidak sesuai dengan kemampuan ban, amaka tidak menutup kemungkinan ban akan pecah saat melaju.

5. Lihat masa pakai/berlaku ban
Jangan sekali-kali Anda menggunakan ban yang telah habis masa pakainya. Pastikan ban yang Anda gunakan hanya dipakai selama 3 tahun setelah diproduksi. Karena jika tetap dipakai bisa membayakan anda, meski ban atau kendaraan Anda jarang digunakan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s