3 Jenis Tidur Siang Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan


Selain bisa mengembalikan energi, tidur siang memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan. Tidur siang efektif selama 20-30 menit terbukti bisa meningkatkan mood, memperbaiki kinerja, dan kewaspadaan, tanpa menimbulkan rasa pening atau mengganggu jam tidur malam.

Beberapa tokoh yang rutin tidur siang sebagai bagian dari gaya hidupnya adalah Winston Churchill, John F. Kennedy, Ronald Reagan, Napoleon, Albert Einstein, Thomas Edison and George W. Bush.

“Memang benar tidur siang bisa mengembalikan energi, namun bukan berarti dapat membayar utang tidur malam,” kata ahli tidur Dr. Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayoran, Jakarta.

Tidur siang sendiri terdiri atas tiga tipe, yaitu

– Planned napping / preparatory napping, biasa disebut tidur yang terencana. Tidur jenis ini dilakukan oleh mereka yang meluangkan waktu untuk tidur siang meski belum mengantuk. Hal ini bisa dilakukan sebagai mekanisme bertahan sebelum merasa terlalu lelah, atau supaya seseorang bisa terjaga tepat pada waktunya.

– Emergency napping. Tidur ini terjadi ketika seseorang seketika merasa lelah dan tidak bisa melanjutkan aktivitas yang dijadwalkan. Tipe ini biasanya ada pada orang yang mengoperasikan mesin berat atau mengemudi.

– Habitual napping. Tipe ini biasa tidur siang dengan jadwal tertentu setiap harinya, misalnya pada anak-anak. Hal yang sama juga dilakukan orang dewasa selepas makan siang.

Sebelum tidur sebaiknya pastikan suasana sekitar nyaman untuk terlelap. Lingkungan sekitar berdampak besar pada kemampuan seseorang untuk tidur. Bila memungkinkan cobalah untuk membatasi kebisingan dan cahaya lampu. Menghabiskan beberapa waktu di tempat tidur sebelum mengantuk, terbukti merangsang timbulnya rasa ingin tidur.

Sebaiknya jangan mengambil jam tidur siang terlalu dini atau lambat. Telat tidur siang akan mengganggu jam regular tidur malam. Sebaliknya, tidur siang yang terlalu dini menyebabkan tubuh belum siap tidur. “Prinsipnya jangan sampai tidur siang mengganggu tidur malam,” kata Andreas.

Dengan aktivitas sederhana seperti tidur siang, produktivitas kerja dan konsentrasi bakal meningkat. Namun, tidur siang juga ada batasnya. Durasi tidur siang yang terlalu lama justru memiliki efek merugikan. Tidur yang terlalu lama bisa menimbulkan inersia, terutama bagi yang tidur lebih dari 10-20 menit. Inersia adalah perasaan pening dan disorientasi setelah orang bangun dari tidur nyenyak. Keadaan ini bisa berlangsung beberapa menit sampai setengah jam. Keadaan ini juga bisa terjadi pada orang dengan jam tidur siang kurang dari 10 menit. Hal ini tentunya buruk bagi mereka yang harus segera siap bekerja setelah tidur siang.

Tidur siang yang terlalu lama juga akan berdampak negatif pada jam tidur malam. Jam tidur siang yang panjang akan menurunkan kualitas tidur malam seseorang. Karena itu para penderita insomnia disarankan untuk tidak terlalu lama tidur siang.

Tidur siang sebaiknya hanya dilakukan selama 10-20 menit. Tidur siang selama 10 menit terbukti bisa mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan kinerja yang beraspek kognitif. “Tidur siang dan malam memiliki siklus yang beda,” kata ahli tidur dr. Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayoran, Jakarta. Tidur malam baru mencapai lelap setelah 120 menit. Sedangkan untuk tidur siang hanya butuh 10-20 menit.

Untuk memaksimalkan jam tidur siang, pastikan suasana sekitar terasa nyaman. Bagi beberapa orang tidur di tempat asing dan tidak biasa bukanlah perkara mudah. Bila ini terjadi buatlah diri Anda senyaman mungkin. Keadaan lingkungan berdampak besar bagi kualitas tidur seseorang. Apabila memungkinkan sebaiknya suara dan pencahayaan bisa diminimalisir. Sebelum tidur sebaiknya pastikan juga kenyamanan lokasi dan tempat tidur.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s