Peneliti Amerika Berhasil Ciptakan Vagina Buatan


Para peneliti dari Wake Forest Baptist Medical Center Institute for Regenerative Medicine, North Carolina, AS, berhasil menciptakan impan vagina untuk empat perempuan yang tidak memiliki vagina lantaran menderita sindrom Mayer-Rokitansky-Kuster-Hauser, yakni suatu kelainan bawaan lahir yang ditandai dengan tidak adanya vagina, serviks, dan uterus (rahim).

Dikutip dari Live Science, Kamis, 10 April 2014, semua pasien dalam penelitian ini telah menjalani operasi dalam lima sampai delapan tahun lalu, saat mereka berusia 13-18 tahun. Implan vagina yang ditanamkan di tubuh mereka dikembangkan dari sel-sel pasien itu sendiri.

Sejauh ini, upaya implan tersebut telah berhasil dan pasien yang kini sudah memasuki masa aktif secara seksual melaporkan bahwa vagina implan mereka berfungsi dengan normal.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lancet edisi 10 April 2014, peneliti menggunakan sepotong kecil jaringan vulva yang berukuran kira-kira setengah dari ukuran perangko. Jaringan ini kemudian dikembangkan di laboratorium hingga membentuk vagina lengkap beserta saraf-sarafnya.

Setelah implan ini tumbuh, dokter kemudian melakukan pembedahan untuk menciptakan rongga di tubuh pasien sebagai tempat peletakkan vagina. Seluruh proses ini membutuhkan waktu setidaknya 5-6 minggu.

Dr. Anthony Atala, salah satu peneliti dalam program ini mengatakan, keberhasilan ini bisa dikembangkan untuk pengobatan baru bagi pasien kanker vagina atau perekonstruksian vagina akibat cedera.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s