Makanan Organik Terbukti Tidak Menurunkan Resiko Terkena Kanker


Ada orang yang terobsesi mengkonsumsi makanan organik dengan alasan lebih sehat. Namun penelitian menunjukan mengkonsumsi makanan organik tidak menurunkan risiko kanker pada perempuan.

“Dalam studi besar pada perempuan baru baya di Inggris, kami menemukan tidak ada bukti menurunnya risiko kanker pada perempuan secara keseluruhan, jika mereka mengkonsumsi makanan organik,” kata guru besar Oxford University Tim Key, seperti dilansir Daily Mail, Sabtu, 29 Maret 2014.

Dalam studinya, peneliti menanyakan 600 ribu peremuan berusia 50 tahun lebih apakah mereka mengkonsumsi makanan organik. Peneliti juga memonitor status kesehatan mereka selama sembilan tahun. Hasilnya, sekitar 50 ribu perempuan terkena satu dari 16 kanker yang paling umum selama periode penelitian.

Hasil tersebut tidak berbeda secara keseluruhan jika dibandingkan dengan 180 ribu perempuan yang tidak pernah mengkonsumsi makanan organik dan 45 ribu perempuan yang biasanya atau selalu memilih bukan produk organik.

Seperti diketahui, penurunan risiko kanker darah limfoma non-Hodgkin juga terkait dengan makanan organik, tetapi para ilmuwan mengatakan hal ini mungkin disebabkan oleh faktor-faktor lain, atau hanya kebetulan.

Banyak orang kini lebih memilih mengkonsumsi makanan organik karena dipercaya lebih sehat. Makanan organik dianggap tidak terkontaminasi pestisida yang dipercaya bisa meningkatkan risiko kanker.

Tapi saat peneliti melihat pada kanker spesifik yang dikaitkan dengan pestisida, seperti kanker payudara dan kanker jaringan lunak, mereka tidak menemukan bukti adanya kenaikan risiko. Banyak ilmuwan yang bekerja di penelitian ini percaya, penurunan atau peningkatan risiko kanker itu mungkin dihasilkan dari faktor-faktor lain.

“Studi ini menambah bukti bahwa mengkonsumsi makanan organik tidak menunrunkan risiko kanker secara keseluruhan,” kata Claire Knight, manajer informasi kesehatan sebuah lembaga amal di Inggris. “Tapi jika anda khawatir tentang residu pestisida pada buah dan sayuran, mencuci sebelum mengkonsumsi adalah ide bagus,” dia melanjutkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s