Berita Gempa Los Angeles Ditulis Oleh Robot


Los Angeles Times merupakan koran pertama yang memublikasikan berita mengenai gempa bumi melalui robot. Wartawan dan programer Ken Schwencke menciptakan sebuah algoritme yang secara otomatis membuat sebuah berita pendek ketika gempa bumi terjadi.

Schwencke mengatakan kepada majalah Slate, penulisan berita oleh robot itu membutuhkan waktu sekitar tiga menit untuk kemudian dipublikasikan secara online. Penggunaan “Jurnalisme-Robo” di kantor media di seluruh dunia meningkat.

Koran LA Times merupakan pelopor dalam penggunaan teknologi dengan sumber yang tepercaya—seperti Survei Geologi AS—dan menempatkan data ke dalam sebuah pola tulisan. Seperti laporan tentang gempa bumi, juga digunakan algoritme lain untuk menghasilkan sebuah berita tentang kejahatan di kota—dengan seorang editor yang memutuskan tulisan mana yang lebih banyak menarik perhatian.

Menghemat waktu

Organisasi media lain telah melakukan uji coba dengan metode pelaporan berdasarkan algoritme di bidang yang berbeda, terutama olahraga. Berita yang dihasilkan tidak menggantikan posisi wartawan, menurut Schwencke, tetapi mengumpulkan dan menyebarkan data lebih cepat.

“Ini merupakan tambahan,” kata dia kepada majalah Slate. “Ini membuat orang banyak menghemat waktu, dan untuk berita tertentu, dapat memperoleh informasi sama baiknya dengan yang dilakukan orang lain.”

“Cara saya memandangnya, ini tidak menghilangkan pekerjaan seseorang, malah membuat pekerjaan seseorang menjadi lebih menarik.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s