Sorgum Dapat Digunakan Sebagai Campuran Dalam Membuat Saus Sambal


Sorgum tidak hanya berfungsi sebagai tanaman pangan pengganti beras karena kandungan seratnya lebih baik. Sorgum yang diolah menjadi pati ternyata juga sangat cocok untuk dijadikan campuran saus pedas dalam kemasan.

Selama ini sebagian besar produsen saus kemasan masih menggunakan pati singkong sebagai bahan campuran produknya. Padahal pati sorgum bisa menggantikan singkong.

“Produk saus yang memakai pati sorgum rasanya enak dan warnanya pun lebih menarik dibanding saus biasa,” kata peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Soeranto Human, di Jakarta, Selasa, 4 Maret 2014.

Hingga saat ini Batan telah membuat tiga varietas baru sorgum menggunakan teknik radiasi sinar gamma dari isotop radioaktif Cobalt-60. Tanaman dengan bulir bulat berwarna putih kecokelatan itu merupakan pilihan yang baik untuk mengatasi masalah pangan di wilayah yang kering.

Soeranto mengatakan ada beberapa perwakilan produsen saus yang kagum dengan penggunaan pati sorgum. “Mereka kaget waktu tahu campurannya ternyata sorgum dan sudah ada yang berminat memakainya,” kata peneliti yang bekerja di Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi milik Batan ini.

Sorgum juga bisa menggantikan tanaman padi yang selama ini dikenal boros air dan tidak tahan kering. “Sorgum itu lebih efektif dari padi,” kata Soeranto.

Tanaman ini, tutur Soeranto, tidak memerlukan banyak air dan mampu beradaptasi dengan tanah berkapur. “Makin kering tanahnya, makin bagus,” ujarnya.

Pada 2012, sorgum produksi Batan ditanam di daerah Tepus, Yogyakarta. Tepus merupakan wilayah terkering di Yogyakarta dengan struktur tanah yang mengandung kapur. Hasilnya sangat memuaskan. Dalam 1 hektare lahan bisa menghasilkan sekitar 3-6 ton bulir sorgum.

“Setelah panen, tanamannya pun tidak ada yang dibuang karena bisa dijadikan pakan ternak,” ucap Soeranto.

Selain menjadi tanaman pangan, sorgum bisa diolah menjadi etanol yang bisa digunakan sebagai bahan bakar rumah tangga. “Dengan kandungan alkohol 70 persen sudah cukup untuk jadi bahan bakar kompor yang bagus,” kata Soeranto.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s