dr Helmy Djafar Temukan Mobil Bertenaga Angin


Inovasi mobil bertenaga angin buatan dr Helmy Djafar asal Surabaya mencuri perhatian pengunjung pameran otomotif Surabaya. Faton Nurdiansyah, mahasiswa Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, mengaku takjub dengan inovasi tersebut. “Ternyata beneran bisa jalan,” kata Faton, yang merekam test drive mobil tersebut.

Bersama empat orang temannya, Faton sengaja ingin menyaksikan langsung mobil angin tersebut. Mobil dengan bahan bakar udara ini menjadi salah satu peserta Pameran Otomotif Surabaya di Grand City Surabaya, 27 November-1 Desember 2013. Bentuk dan namanya yang unik mengundang rasa penasaran banyak orang. Berbeda dengan mobil lainnya yang berjejer mewah di area pameran, mobil ciptaan Helmy itu memang terlihat berbeda. Mobil itu dibentuk layaknya helicak. Sebuah tabung udara berukuran 6 meter kubik itu menghiasi bagian belakang mobil.

Tapi kali ini mobil yang semula terbuka di bagian belakang sudah tertutup dengan pelindung berbahan fiberglass. “Seperti belalang terbang,” ujar anggota tim mobil udara, Adang Mansur. Helmy mengatakan, sejak pameran mulai dibuka pukul 10.00 WIB, mobilnya terus-menerus dikunjungi. Banyak pengunjung yang penasaran dan tidak berhenti bertanya bagaimana udara bisa menggerakkan sebuah mobil. “Sampai siang ini, sudah ada ratusan. Mereka antusias menanyakan tentang mobil ini,” ujar Helmy.

Salah satu pengunjung, Hari Budianto, yang juga dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, mengakui bahwa mobil udara buatan Helmy sangat kreatif. “Ini kreatif. Orang enggak akan nyangka.” Menurut dia, mobil tersebut memang ramah lingkungan sekaligus ramah uang. Ia pun menyarankan agar mobil ini dikembangkan lagi, terutama dari sisi kepraktisan. Apalagi, kata dia, yang nantinya menjadi persoalan adalah seberapa praktis pengisian ulang udara yang digunakan sebagai bahan bakar. “Kalau satu tabung jarak tempuhnya 4 kilometer, seberapa ribet nanti akan regenerate dalam waktu cepat,” katanya.

Mobil kreasi Helmy ini memang hanya berbahan bakar udara. Konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan hanya Rp 100 untuk jarak tempuh 10 kilometer. Dengan tabung udara yang ada mampu melaju dengan kecepatan 70 kilometer/jam. Bahkan Helmy sudah menyempurnakan teknologinya, sehingga kemampuannya jauh lebih cepat dan lebih irit.

Belakangan, mobil ini juga mencuri perhatian Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan. “Iya, kami dijanjikan bertemu dengan Pak Dahlan,” ujar Helmy.

Iklan

One response to “dr Helmy Djafar Temukan Mobil Bertenaga Angin

  1. Cheers. Sugeng makaryo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s