Pasokan Air Bersih Indonesia Turun 35 Persen Karena Tercemar Bakteri dan Tinja


Laporan Creating Shared Value (CSV) Nestle Indonesia tahun 2013 menyebutkan pasokan air bersih menurun hingga 15-35 persen per kapita tiap tahunnya. Hal ini semakin mengkhawatirkan karena menurut USAID hampir 100 persen sumber daya air telah terkontaminasi bakteri E.Coli dan Coliform.

“Padahal target MDG’s adalah agar 68 persen penduduk Indonesia memiliki akses air bersih dan sanitasi kesehatan pada tahun 2015,” ujar Presiden Direktur Nestle Indonesia Arshad Chaudhry dalam forum diskusi di Jakarta, Selasa, 18 Februari 2014.

Karena itu, ia menyarankan adanya sinergi berbagai pihak untuk mendukung peningkatan keberlanjutan ketahanan pangan Indonesia. Sebab, pada masa mendatang ada banyak tantangan menghadapi keberlanjutan ketahanan pangan yang harus diatasi, seperti pertumbuhan penduduk, kesejahteraan, urbanisasi, dan dampak perubahan iklim.

“Memang banyak upaya praktek berkelanjutan yang sudah dilakukan dengan baik di Indonesia, tapi saya percaya bahwa ada tantangan yang hanya dihadapi dengan kerja sama seluruh pemangku kepentingan,” kata Chaudhry

Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengatakan pertumbuhan populasi Indonesia memang akan menjadi tantangan untuk mencapai keberlanjutan ketahanan pangan. Pada tahun 2030, populasi Indonesia diperkirakan akan mencapai 300 juta orang dengan permintaan akan makanan meningkat hingga 50 persen.

“Dengan Indonesia yang berbentuk kepulauan tentu memang akan sulit untuk mendistribusikan kebutuhan jika hanya pemerintah sendiri yang bergerak,” kata Rusman.

Tak hanya soal pertumbuhan penduduk, menurut dia, Indonesia mendatang juga dihadapkan pada pertumbuhan kelas menengah yang sangat pesat. “Kelas menengah ini permintaannya lebih aneh-aneh karena ingin yang serba-berkualitas karena alasan memiliki uang,” ujarnya.

Belum lagi masalah lahan yang menjadi tantangan klasik peningkatan produksi pangan dalam negeri. “Ke depan pemerintah memang harus serius untuk menangani sektor agrikultural dengan menjalin kerja sama dengan pengusaha, petani, dan masyarakat,” ucap Rusman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s