Penjelasan Ilmiah Mengapa Udara Di Jakarta Begitu Dingin Selama Dua Hari


Sejumlah warga Jabodetabek berkicau di media sosial tentang suhu yang terasa sangat dingin. “Ini Jakarta apa Dieng? Dingin banget broh!” kicau Riviani Rivi, salah satu pengguna Twitter. Deni P Fauzy, pengguna Twitter lain, berkicau, “Ini Jakarta yang emang dingin atau gw yang sakit?”

Catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memang menunjukkan bahwa suhu Jakarta lebih rendah dalam dua hari ini. “Untuk hari ini, (Rabu, 22 Januari 2014), suhunya antara 22-28 derajat celsius,” kata Mulyono Rahadi Prabowo, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG.

Suhu Jakarta yang dingin terkait dengan pelepasan dan penyerapan energi panas dari wilayah Jabodetabek, termasuk Laut Jawa, selama musim hujan. Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara BMKG Edvin Aldrian menerangkan, saat hujan tidak maksimum seperti hari ini, suhu memang bisa terasa dingin.

“Ini karena untuk membentuk hujan berikutnya, ada penyerap panas dari lingkungan,” kata Edvin. Akibat banyak panas yang terserap, kalor di lautan dan daratan sekitar Jakarta berkurang sehingga warga penghuninya merasakan suhu dingin.

Mulyono menambahkan, saat hujan turun, terjadi peubahan fase air yang diikuti dengan pelepasan energi panas. “Ada pengembunan,” katanya. Karena pelepasan energi panas tersebut, suhu saat hujan terjadi kadang justru terasa lebih hangat dari biasanya.

“Saat tidak terjadi hujan justru sebaliknya. Tidak ada pelepasan panas sehingga yang terjadi justru kita merasa dingin,” urainya. Edvin mengatakan, hujan lebat di Jabodetabek akhir-akhir ini sebenarnya memiliki jeda, tidak terjadi setiap hari.

Contoh, pada Selasa (21/1/2014), hujan mengguyur dari dini hari hingga sore hari. Namun, hari ini hujan sangat minim. Menurut Edvin, penjelasan dari persoalan pelepasan dan penyerapan kalor bisa ditangkap dari jeda hujan lebat itu. Usai hujan lebat dan hari sesudahnya, biasanya suhu akan terasa dingin.

Mulyono dan Edvin mengungkapkan bahwa fenomena dingin ini adalah hal yang normal dan biasa terjadi saat musim hujan seperti saat ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s