Monster Laut Purba Ternyata Berkulit Hitam


Hewan laut raksasa pada zaman purba ternyata memiliki kulit atau sisik berwarna hitam. Mosasaurus, predator bergigi tajam, dan reptil laut Ichthyosaurus punya pigmen hitam.

Penelitian yang dimuat di jurnal Nature, Jumat, 10 Januari 2014, menyebutkan kulit berwarna hitam tersebut membantu para raksasa laut itu untuk beradaptasi dengan lingkungan.

“Kami menduga kulit hitam mereka tidak hanya untuk kamuflase dan perlindungan dari sinar ultraviolet, tapi juga untuk mengatur suhu tubuhnya,” kata Johan Lindgren, pakar Mosasaurus dari Lund University, Swedia, seperti dikutip Livescience.

Penelitian tentang warna kulit binatang purba telah beberapa kali dilakukan. Paleontolog menemukan bahwa Microraptor, dinosaurus bersayap yang hidup 130 juta tahun lalu, mempunyai sayap berbulu hitam mirip gagak. Laporan penelitian di jurnal Nature Communications pada 2012 mengungkap bahwa dinosaurus bersayap, Archaeopteryx, memiliki bulu dengan motif hitam-putih.

Lindgren dan koleganya meneliti fosil penyu belimbing purba berusia 55 juta tahun dan Mosasaurus berumur 86 juta tahun. Fosil Ichtyosaurus berusia 190 juta tahun juga ada dalam daftar mereka. Mosasaurus adalah reptil predator mirip ikan, sementara Ichthyosaurus memiliki moncong panjang yang membuat mereka terlihat seperti lumba-lumba modern.

Fosil hewan laut purba itu diketahui memiliki lingkaran-lingkaran hitam pada tulangnya seperti semacam sisa kulit. Analisis anatomi mengungkapkan sisa kulit itu ternyata adalah melanosome, kantong pigmen hitam atau cokelat gelap yang memberi warna pada kulit, bulu, dan rambut hewan purba. (Baca: Fosil Dinosaurus Pertama di Arab Ditemukan)

Mereka membandingkan hasil penelitian itu dengan fisik penyu belimbing (Dermochelys coriacea) modern yang tetap hitam hingga dewasa. Penyu yang bisa menjelajah hingga laut Arktik ini memanfaatkan kulit hitamnya untuk menyerap panas dari sinar matahari. “Prinsipnya sama seperti aspal yang jadi panas pada siang hari,” kata Lindgren.

Pigmen hitam menjaga penyu belimbing dari radiasi ultraviolet. Warna hitam juga membantu mereka berkamuflase dalam lautan gelap. Kulit Ichthyosaurus berwarna hitam total, mirip dengan paus sperma modern. Seperti paus, Ichthyosaurus diduga biasa menyelam ke lautan dalam yang gelap. Warna hitam kulit mereka sangat membantu penyamaran dalam gelapnya lautan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s